Krisis Moral Generasi Muda

Akar info - Krisis Moral Generasi Muda

Gaya Pacaran 

dikalangan generasi muda hanya sebatas surat menyurat, kini berubah menjadi lebih dari sebatas surat menyurat. Semisal, dari yang pegangan tangan, berciuman, hingga melakukan hubungan se* diluar nikah sudah menjadi gaya pacaran generasi muda sekarang. Sangat memperihatinkan sekali melihat perubahan negatif yang tergambar dari prilaku generasi muda dari zaman ke zaman. Mereka tidak berangkat dari background yang sama, melainkan mereka terlahir dari back ground yang berbeda-beda, mulai dari keluarga yang pas-pasan, keluarga broken home, hingga dari keluarga yang disegani oleh masyarakat di lingkungannya.

Prilaku negative yang terjadi dikalangan generasi muda itu bukan tanpa factor yang menjadi stimulus awal sebagai pemicu tindakan itu terjadi. Pola asuh dari orang tua juga merupakan salah satu factor penyebab perubahan itu, misalnya pola asuh yang sifatnya over protektif, sehingga anak merasa jenuh dan menghadirkan prilaku melawan terhadap kekangan orang tuanya, serta pola asuh yang sifatnya demokratis dan terkesan memberikan kebebebasan yang berlebihan terhadap anaknya, sehingga mereka bebas melakukan apa saja yang mereka sukai tanpa ada pengawasan dari orang tua.

Selain pola asuh yang menjadi pemicu terjadinya perubahan negatif pada perkembangan generasi muda, situasi dan kondisi tempat juga bisa menjadi pemicu terjadinya perubahan negative tersebut, misalnya tempat yang sepi seperti villa, belakang sekolah, rumah dalam keadaan kosong, bahkan kamar mandi sekolah juga menjadi pemicu prilaku distorsi tersebut. Bermula dari ngobrol biasa, kemudian berlanjut pada pegangan tangan hingga sampai melakukan hubungan sex diluar nikah. Tidak sedikit dari mereka yang merasa ketagihan untuk melakukan hubungan sex diluar nikah dan menyebabkan mereka tidak perduli dimana mereka harus melakukannya yang penting kondisi dan situasi tempat terbilang sepi.

Dimana ada sebab, disitu ada akibat. Prilaku distorsi seperti melakukan hubungan sex diluar nikah akan berakibat fatal sekali baik bagi diri anak dan juga bagi keluarga. Akibat dari tindakan tersebut tidak jarang dari mereka yang harus mengalami hamil diluar nikah hingga mereka harus nikah muda bahkan sampai ada yang berujung pada tindakan aborsi dengan beberapa alasan. Sangat disayangkan sekali, jika nama keluarga harus tercoreng oleh prilaku tidak bermoral tersebut. Tindakan semacam itu hanya akan memojokkan posisi orang tua di lingkungan masyarakat karena harus menanggung aib keluarga, apalagi keluarga tersebut merupakan keluarga yang back groundnya sebagai tokoh masyarakat.
Akar info - Krisis Moral Generasi Muda


Sebenarnya apa yang terjadi dengan generasi muda sekarang, kemana moral generasi muda sekarang sehingga mereka dengan bangganya melakukan tindakan seperti itu tanpa memikirkan dampak yang pastinya akan merugikan mereka dan keluarga mereka. Tidak sedikit dari kalangan generasi muda yang sudah kehilangan keperawanan/keperjakaan mereka, baik itu di perkotaan atau pun di pedesaan. Kita merupakan bentukan dari apa yang kita fikirkan dan kita lakukan, jika fikiran dan tindakan positif maka dampaknya juga akan positif. Namun sebaliknya, jika fikiran dan tindakan kita negatif maka dampak yang akan diperoleh juga negatif. Prilaku hubungan se* diluar nikah tersebut hanya akan mencoreng citra diri dan keluarga saja serta aib keluarga akan menjadi buah bibir masyarakat sekitar.

Sebenarnya hubungan se* di luar nikah di kalangan generasi muda bisa dicegah. Pola asuh dari orang tua sangat besar sekali pengaruhnya terhadap perkembangan anak, jika pola asuh yang diberikan sudah tepat maka sudah dapat dipastikan generasi muda tidak akan terjerumus ke lembah perbuatan tidak bermoral tersebut, sehingga nantinya tidak akan ada lagi kesan pacaran brutal di kalangan generasi muda penerus bangsa ini.

0 komentar