Pembelajaran Mandiri Lewat Pelukan Ayah

Akar info - Pembelajaran Mandiri Lewat Pelukan Ayah

Pelukan merupakan wujud cinta setiap orang tua terhadap anaknya

Dan setiap anak membutuhkan sentuhan fisik untuk menghadirkan aspek emosional seperti rasa aman dan nyaman. Jadi bisa diartikan bahwa pelukan adalah kasih sayang orang tua dalam bentuk sentuhan fisik untuk menstimulasi hormon oksitosin yang dapat memberikan perasaan aman dan nyaman kepada anaknya. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk kita memasukkan pelukan kedalam aktifitas kita sehari-hari. Selain rasa aman dan nyaman, pelukan juga bisa diartikan sebagai proses transfer sikap kemandirian kepada anak.

Psikolog Melly Puspita Sari, mengatakan dalam bukunya "The Miracle of Hug", bahwa Pelukan seorang ayah merupakan upaya untuk mentransfer sikap kemandirian dan keberanian pada diri anaknya, agar anak tersebut memiliki keberanian untuk berinteraksi dengan figur otoritas dalam kehidupan sosialnya. Maka tak heran jika banyak anak perempuan yang tumbuh menjadi sosok yang tangguh karena memiliki kedekatan dengan ayahnya.

Akar info - Pembelajaran Mandiri Lewat Pelukan Ayah

Dari hasil penelitian University of Italy, menunjukkan bahwa seorang anak yang terbiasa mendapatkan pelukan dari orang tuanya, akan tumbuh menjadi sosok yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mudah untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi, sehingga anak tersebut tidak gampang depresi.

Jika kita melihat dalam kehidupan nyata. Tidak sedikit seorang ayah yang memiliki intensitas tinggi dalam memberikan pelukan kepada anaknya. Hal tersebut bisa dimungkinkan karena dalam masa tumbuh kembang sosok ayah, jarang merasakan pelukan. Sehingga dia akan melakukan hal yang sama kepada anaknya. Tentunya hal yang demikian ini akan sangat merugikan orang tua, karena akan sangat mempengaruhi perkembangan emosional anak.

Oleh karena itu, sangat penting rasanya untuk kita sebagai orang tua memberikan pelukan kepada anak-anak kita, agar mereka dapat tumbuh menjadi anak yang tangguh dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Toh dengan pelukan akan membuat anak kita tidak mudah melupakan kita dan akan tetap menganggap kita sebagai pahlawan sepanjang hidup mereka. So, tidak perlu hawatir akan statement yang menyebutkan bahwa anak akan tumbuh menjadi sosok yang cengeng jika selalu mendapatkan pelukan orang tuanya. Karena pelukan orang tua kepada anaknya merupakan kekuatan yang tak tertandingi. Jadi, mulai sekarang biasakanlah untuk selalu memeluk anak kita.

#Wanna hug my daughter (Najwa)


0 komentar