Menjaga Kesehatan di Usia 45 Tahun

Menjaga kesehatan di Usia 45th

Proses Penuaan (aging) 

Sudah dimulai sejak usia 32 tahun, dengan mulai terjadinya penurunan fungsi organ-organ, seperti Ginjal, Lever, Anak Ginjal, Hypophyse dsb.nya. Selain itu juga akan terjadi penurunan hormon-hormon, seperti hormon testosteron, growth hormon, coenzym Q10, Melatonin dan Antioxydan. Untuk Wanita usia 45 tahun, biasanya mulai terjadi penurunan estrogen. Sedangkan untuk pria penurunan terjadi pada hormon Progesteron dan Testosteron.

Penyakit yang muncul akibat penuaan

Penuaan adalah suatu penyakit yg berlangsung kronis yang sebenarnya tidak dapat di cegah, diobati dan dikembalikan menjadi muda seperti sebelumnya. Penuaan juga bukan merupakan hukuman akibat titah dari Gen. Terdapat beberapa penyakit yang bisa muncul akibat proses penuaan, seperti:

1. Osteoporosis.
2. Metabolik Syndrome, dgn Akibat Penyakit Cardiovasculer (seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan Hypertensi Renal).
3. Cancer (seperti Payudara, Colorectal/Usus, Prostat, Ovarium).
4. Alzeimer (Pikun).
5. SD (Sexual dysfunction).

Cara menanggulangi penyakit akibat penuaan

Ada beberapa cara untuk mengurangi atau bahkan menghindari penyakit yang bisa muncul akibat penuaan tersebut, diantaranya adalah dengan :

1. Bergerak
Jalan kaki 3000 s/d 5000 m/hari, dapat mencegah osteoporosis (Rapuh Tulang) dan Hypertensi. Dengan banyak bergerak atau berjalan kaki akan melatih fungsi otot dan membantu melancarkan peredaran darah ketubuh terutama ke Jantung.
2. Senam olah nafas
Seperti Pranayama, Orhiba, Cikung, Yoga, dsb 2x / minggu. Paru-paru perlu latihan deep breathing atau maximal breathing, untuk meningkatkan aliran darah di alveoli, menguras CO2.

3. Kurangi karbohydrat
Cukupi asupan Protein, dan konsumsi banyak buah dan sayuran. Hindari makan yang banyak mengandung lemak seperti jeroan sapi, kambing, dan ayam.
4. Jaga berat badan
Lingkaran perut tidak boleh lebih 80 cm untuk wanita, dan 90 cm untuk Pria. BMI tidak boleh lebih 30 kg/m3. Biasakan berolahraga rutin untuk menjaga kestabilan berat badan kita.

5. Tekanan darah tidak boleh lebih 140/90.
Usahakan untuk lebih intens melakukan pengecheckkan tensi tiap bulan. Dan hindari makanan-makanan yang dapat memicu darah menjadi naik.

6. Kadar gula darah puasa tidak boleh lebih 110, Trigliserida 150, HDL Harus Lebih 50.
Lakukan pengecheckkan darah setiap 6 Bulan.

7. Threadmill setiap hari
Threetmill ini dilakukan jika kita merasa tidak bisa melakukan olah raga di luar rumah. Gunakan alat threetmill yang nyaman untuk anda gunakan. Hal ini untuk menghindari cidera akibat kesalahan dalam menggunakan alat threetmill.

8. Wanita mamografi dan PAP Smear setiap 3 thn
Lakukan deteksi dini kanker serviks dan payudara. Hal ini sangat penting khususnya buat wanita karena kanker serviks dapat dengan mudah menyerang kaum hawa.

9. Istirahat Cukup
Tidur 6 jam mulai jam 10 malam, dan usahakan lampu dalam kondisi mati (merangsang growth hormon). Jangan makan atau minum 3 jam sebelum tidur (Mencegah GERT, Mencegah Sesak), karena juga dapat memicu kegemukan badan anda. gunakan bantal yang lebih pendek untuk meningkatkan oksigenasi pada otak. Usahakan tidur dalam posisi miring ke kanan untuk mengurangi beban jantung.

10. Pikiran kurangi stress
Kerja di luar kapasitas atau kemampuan. Perbanyak doa atau meditasi, Perbaiki kualitas ibadah, Hiburan juga perlu,  dan banyak membaca, Silaturahim atau berkumpul degan teman-teman. Tidak boleh marah-marah atau emosi maupun terlalu bersedih. Karena stress dapat memicu tekanan jantung dan memicu penyakit stroke. Jadi buat diri anda senyaman mungkin dalam semua kondisi.

0 komentar