7 Cara Mengahadapi Pengunduran Diri

Cara Mengahadapi Penguduran Diri

Hari yang kita nantikan

hanya tinggal hitungan jari saja. Akhirnya kita akan segera keluar dari tempat dimana kira bekerja, yang mungkin selama ini ‘menyiksa’ kita. Dalam perasaan benci terhadap atasan, job desc, atau bahkan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan tempat kita bekerja saat ini.

Disaat kita menemukan tempat kerja yang baru maka keinginan untuk mengundurkan diri akan semakin kuat, dan timbullah sikap membanding-bandingkan. Tidak jarang terjadi dalam pikiran kita lebih banyak hal yang tidak baik tentang pekerjaan kita sekarang, misalnya saja atasan kita yang tidak becus mendelegasikan tugas atau kebijakan perusahaan yang merugikan karyawan, dan masih banyak indicator kebencian lainnya.

Cara kita mengundurkan diri secara tidak langsung turut memberikan pengaruh bagi karir kita untuk kedepannya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk mengundurkan diri.

1. Berpikir rasional
Jangan biarkan emosi menguasai kita. Keluar dari pekerjaan dan belum memiliki pekerjaan yang baru adalah tindakan yang keliru dan akan berakibat fatal. Itu memang menjadi hak kita tetapi akan sangat penting untuk memikirkan efek selanjutnya. Bukan hal mudah mendapatkan pekerjaan di saat seperti sekarang. Atau karena ingin membalas perbuatan rekan kerja atau atasan kita, apakah dengan kita resign lalu kita menang? Tentu tidak.

2. Jangan mengumbar keburukan
Semarah apapun kita dengan atasan kita atau dengan rekan kerja, jangan pernah mengumbar hal tersebut. Ingatlah bahwa apa yang telah diucapkan tidak dapat ditarik kembali. Kita masih membutuhkan tempat kerja lama sebagai bahan referensi. Bayangkan jika calon kantor baru kita mengkonfirmasi tentang kita dan mendapatkan laporan bahwa kita suka menjelek-jelekan perusahaan.

3. Ikuti aturan perusahaan
Lakukan pengunduran diri dengan mematuhi peraturan perusahaan. Mengenai hal ini bergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan tempat kita bekerja.

4. Tuntaskan pekerjaan Anda
Selesaikan segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab kita. Jangan menganggap waktu kita tinggal menghitung hari maka kita bisa bersantai saja, kita bisa dianggap lalai dan membuat citra kita menjadi buruk.

5. Kemukakan alasan bijak
Berikan alasan berdasarkan yang terbaik bagi masa depan kita. Jangan sekali-kali mengemukakan ketidak sempurnaan perusahaan tersebut.

6. Latih tenaga pengganti
Biasanya pengganti kita telah disiapkan sebelum hari terakhir kita bekerja. Lakukan proses transisi dengan mengajari semua yang menjadi tugas kita sehari-hari, pastikan proses ini berjalan dengan mulus.

7. Ucapkan terima kasih
Sampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan, serta ungkapkan beberapa alasan mengapa pekerjaan baru kita akan mampu membuat kita semakin berkembang.

Demikian tips 7 cara menghadapi pengunduran diri, agar kita bisa mempertahankan image positif pada diri kita. Sebab, karaktermu adalah basibmu. Saat kita melamar kerja yang utama adalah penilaian diri atau performance. Jadi akan sangat perlu jika kita tetap mempertahankan penilaian tersebut sampai kita memutuskan untuk pindah ke tempat kerja yang lain.

0 komentar