Keuntungan Menggunakan Program Payroll Bagi Perusahaan

Keuntungan Program Payroll

Payroll

berasal dari bahasa inggris yang artinya daftar gaji. Namun pengertian payroll yang sebenarnya bukan daftar gaji saja. Program Payroll merupakan sistem informasi berbasis web yang dirancang dan diterapkan secara terkomputerisasi dan terpadu dari seluruh modul – modul yang membahas tentang manajemen personalia serta penanganan sistem penggajian dalam sebuah perusahaan. Program Payroll memiliki kelebihan diantaranya sistem yang fleksibel dan dinamis , konfigurasi elemen sistem yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan user, serta memberikan kemudahan dalam pemakaian dan operasional. Program Payroll dapat memberikan solusi yang tepat bagi perusahaan dengan memberikan informasi yang mudah dipahami, cepat serta akurat yang berguna untuk pendukung keputusan oleh pihak-pihak terkait.

Program Payroll sendiri biasa digunakan oleh HRD khusus di bagian administrasi dalam suatu perusahaan untuk menghitung gaji karyawan. Baik itu upah pokok, tunjangan, PPh 21, dan upah lembur karyawan. Program ini sangat membantu penyelesaian tugas HRD, khususnya untuk keperluan administratif. Kenapa tidak, bisa dibayangkan jika penghitungan gaji dengan jumlah karyawan berkisar 500 orang, harus dihitung secara manual tanpa bantuan program payroll. Besar kemungkinan waktunya akan habis dengan hanya mengerjakan gaji karyawan saja. Belum lagi tentang keakuratan data jika dikerjakan secara manual tanpa bantuan program payroll.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan yang menggunakan program payroll untuk melakukan penghitungan gaji karyawannya. Keuntungan tersebut antara lain:

1. Hasil lebih akurat
Hasil penghitungan gaji karyawan yang diproses berdasarkan data (finger print) yang ada dijamin keakuratannya dan minim sekali kesalahan atau kekeliruan. Sehingga tidak akan membutuhkan waktu lama dan banyak membantu orang untuk melakukan pengecheckkan data gaji.

2. Pekerjaan lebih mudah
Perhitungan gaji dengan menggunakan program penggajian atau program payroll, tentunya akan terasa lebih mudah dan praktis. Mengingat penghitungan gaji tersebut dilakukan secara automasi oleh program dengan hanya menggunakan data finger print. Dan hanya sedikit sekali menggunakan tenaga manusia.

2. Pekerjaan lebih cepat
Seperti yang kita ketahui, bahwa pekerjaan HRD bersifat kompleks. Selain tentangan penanganan dan pengembangan karyawan, ada pula yang bersifat administratif, salah satunya penghitugan gaji karyawan. Dengan menggunakan bantuan program payroll, proses penghitungan gaji akan menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya.

3. Pelaporan yang jelas
dengan menggunakan program payroll, segala macam pelaporan seperti gaji, absensi, pelatihan, dan seleksi, akan lebih mudah dan tentunya lebih akurat dibandingkan dikerjakan secara manual. Karena dalam program payroll itu sendiri dibuatkan cristal report yang memungkin pengguna atau HRD untuk membuat laporan versi excel dengan sangat mudah sekali.

Oleh Karena itu, jika pekerjaan selesai dengan cepat, keakuratan data terjamin, dan pengerjaan lebih mudah. Tentu bukan sebuah kesalahan jika dalam suatu perusahaan yang notabene memiliki karyawan dengan jumlah ratusan, menggunakan program payroll demi menopang keberlangsungan perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan juga tidak akan terbebani oleh kelebihan man power yang berakibat pada pembekakan pengeluaran tiap bulannya. Jadi akan sangat perlu sekali bagi perusahaan dengan skala besar untuk menerapkan program payroll ini demi keberlangsungan perusahaannya. karena dengan kecepatan kerja, maka akan mengurangi volume overtime sehingga akan mengurangi pula pengeluaran tiap bulannya dan perusahaan bisa menerapkan cost down.

0 komentar