Lakukan Test Kejiwaan Ini Untuk Mengetahui Kamu Waras Atau Gila?

Test Kejiawaan

Beratnya beban hidup yang dihadapi oleh sebagian banyak orang

baik dari segi ekonomi, percintaan, dan kebutuhan dasar lainnya, menjadikan mereka harus mengalami depresi berat. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, maka akan berdampak pada kesehatan mentalnya dan akan berujung pada sakit jiwa. Sakit jiwa atau gangguan jiwa sendiri merupakan gangguan mental yang berpengaruh pada afektif atau mood, mindset, sampai pada tingkah laku atau perilaku secara umum. Seseorang disebut mengalami gangguan jiwa jika gejala yang dialaminya menyebabkan sering stres dan mengalami hambatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.

Setiap orang yang mengalami sakit jiwa atau gangguan kejiawaan tidak akan sama antara satu dengan lainnya, akan tetapi secara umum, mereka yang mengalami gangguan jiwa dapat dikenali dari munculnya beberapa gejala tertentu. Gejala yang dimaksud seperti perubahan afekti atau mood yang sangat drastis dari sangat sedih menjadi sangat gembira atau sebaliknya, ketakutan yang berlebihan, menarik diri dari lingkungan sosial, terlalu emosional sehingga suka melakukan kekerasan, serta mengalami delusi atau keyakinan yang salah.

Oleh karena itu, akan sangat penting rasanya untuk kita mengetahui apakah kita mengalami gangguan kejiawaan atau sakit jiwa seperti yang tersebut di atas?. Untuk mengetahui hal tersebut, ada cara mudah dengan hanya mengikuti test bathub yang diprakarsai oleh pimpinan institusi gangguan mental di Amerika (RSJ).

Test Bathub biasanya dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan dengan ilustrasi seperti berikut:
" Sebuah bathtub atau bak mandi diisi penuh dengan air. Lantas orang yang akan dites kejiwaannya diminta menjawab sebuah pertanyaan simpel untuk memilih antara tiga buah benda, yakni sendok teh, cangkir kopi dan ember. Benda mana yang dipilih untuk mengosongkan air dari bathtub tersebut dan mampu menjelaskan alasan yang masuk akal di balik pilihannya". Jadi, jawaban apa yang akan kamu pilih untuk test ini??

1. Sendok Teh

Jika jawaban yang kamu pilih adalah sendok teh, maka kamu belum beruntung. Berdasarkan penilaian institusi ini, kamu akan dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa. Sendok teh biasanya digunakan untuk mengaduk teh atau kopi, ada kalanya juga digunakan untuk menyendok dan menyeduh air teh yang suhunya masih panas. Meski demikian, sendok teh nggak cukup efektif untuk mengosongkan seluruh air dari bathtub yang diisi penuh dengan air. Coba bayangkan, berapa lama kamu akan melakukannya hingga tuntas?

2. Cangkir Kopi

Kamu yang memilih jawaban kedua alias cangkir kopi, mohon maaf, kamu masih belum beruntung. Selamat datang di ruang perawatan!. Cangkir kopi memang memiliki ukuran yang lebih besar dari pada sendok teh, fungsinya pun pada dasarnya untuk menampung air. Namun tetap saja, benda ini terlalu kecil harapannya untuk diberikan alasan yang tepat demi bisa mengosongkan semua air dari bathtub yang penuh.

3. Ember

Jika kamu memutuskan untuk memilih ember, mengigat dua jawaban di atas masih belum tepat. 
Fine, Pilihanmu tentu sama dengan kebanyakan orang, tapi jawabanya tetap akan membawamu masuk Rumah Sakit Jiwa! Lho, kok bisa?. Ember memang merupakan pilihan dengan ukuran paling besar diantara dua pilihan sebelumnya. Namun, jawabanmu tetap bukan yang diharapkan oleh tester.

So, tentunya kita bertanya-tanya, lantas jawaban apa yang tepat untuk menentukan bahwa kita termasuk golongan waras atau gila?. Ternyata, jawaban yang diharapkan pihak institusi gangguan kejiwaan ini di luar dugaan. Jawaban yang diharapkan bukanlah sendok teh, cangkir kopi, ataupun ember. Orang waras ketika diberi masalah ini adalah mencabut tutup atau penyumbat saluran pembuangan air di bathtub.

Sungguh di luar dugaan, bukan? Dalam hal ini, kita dituntut untuk berpikir logis dan out of the box serta berani mengambil pilihan lain yang lebih mungkin untuk menjawab situasi yang dihadapkan. Tidak jadi masalah jika jawaban tersebut tidak ada dalam pilihan. So, have fun with this test...

0 komentar