Keragaman Indonesia

Keragaman Indonesia

Indonesia 



merupakan negara kesatuan yang mana secara garis geografisnya dilintasi oleh garis khatulistiwa. Indonesia berada di antara Benua Australia dan Benua Asia. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar yang memiliki 17.000 pulau dan berada diantara dua samudera besar, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Karena itulah Indonesia disebut juga sebagai Nusantara.

Kekayaan pulau Indonesia yang berada diantara dua samundera besar tersebut, juga ikut andil dalam terbentuknya keragaman Indonesia yang menjadi warna khas Nusantara yang ada pada bangsa Indonesia. Dari keragaman yang ada, banyak sekali terkandung keragaman budaya, bahasa, suku, dan agama yang menjadi satu dalam wadah keBhenikaan, dan dikenal dengan kemajemukannya. Keragaman tersebut merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus kita jaga dan kita lestarikan sebagai pewaris bangsa.

Kita sebagai warga negara Indonesia, patutnya bersyukur akan kekayaan budaya dan toleransi yang dimiliki oleh bangsa ini. Perbedaan yang ada didalamnya tidak semerta-merta menjadi sekat pemisah antara satu dengan yang lainnya. Bahkan perbedaan tersebut menjadi satu kesatuan yang direkatkan dalam wadah Bhenika Tunggal Ika, dan semakin menguatkan satu sama lain.

Keragaman yang ada di Indonesi tidak terlepas dari beberapa factor yang menjadikan kemajemukan menjadi satu kesatuan. Keragaman Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

Letak Geografis

Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki 17.000 pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut. Lingkungan geografis semacam itu menjadi sumber adanya keanekaragaman suku, budaya, bahasa, ras dan golongan di Indonesia. Kondisi geografis yang demikian menimbulkan perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah mata pencaharian penduduk. Jenis-jenis pekerjaan yang ada juga menyebabkan beranekaragamnya peralatan yang diciptakan di dalamnya, misalnya bentuk rumah dan bentuk pakaian setiap daerah tentu berbeda-beda. Akhirnya sampai pada bentuk kesenian yang ada di masing-masing daerah berbeda. Keadaan geoografis juga menyebabkan tiap-tiap pulau memiliki agama, budaya, dan bahasa yang berkembang sendiri-sendiri.

Budaya Asing

Secara geografis, letak Indonesia bisa dikatakan strategis untuk keluar masuknya pasar global, sehingga tidak sedikit dari masyarakat kita yang melakukan kontak dan komunikasi langsung dengan para pedagang asing yang memiliki corak budaya dan agama yang berbeda, sehingga menyebabkan terjadinya proses akulturasi unsur kebudayaan dan agama seperti saat ini.

Berbedanya kondisi Iklim dan Alam Indonesia

Kondisi iklim seperti perbedan musim hujan dan kemarau antar daerah, serta perbedaan kondisi alam seperti pantai, pegunungan mengakibatkan perbedaan pada masyarakat khususnya karakter dan budaya. Ada komunitas masyarakat yang mengandalkan laut sebagai sumber pemenuhan kebutuhan hidupannya, ada pula yang mengandalkan pertanian dan perkebunan.

Inilah Indonesia, dengan keragamannya namun tetap menjadi satu kesatuan yang akan sulit untuk dipisahkan. Sebagai generasi muda penerus estafet bangsa. Marilah kita sama-sama menjaga kemajemukannya, agar bangsa ini tetap jaya sampai hari tua, karena NKRI akan selalu menjadi harga mati bagi segenap warga Indonesia. Jika bukan kita, lalu siapa lagi yang akan menjaga kedaulatan bangsa ini. Namun bukan dengan perang kita menjaga keberlangsungan bangsa ini, melainkan dengan cara menjaga toleransi antar umat beragama, suku, dan ras yang ada di dalamnya. Indonesia kaya akan keragamannya, Indonesia pun kuat karena kesatuannya. Maka akan sangat perlu bagi kita untuk menjaga itu semua agar bangsa ini tetap jaya sampai anak cucu kita juga merasakan akan kekayaan dan keragaman Indonesia kita tercinta.

0 komentar