3 Cara Memenangkan Nego Gaji

3 Cara Nego Gaji

Tips Nego Gaji




"Pak, naikin gaji dong..!" kata seorang karyawan kepada atasannya dengan nada santai seperti seorang karyawan yang lagi berbicara dengan rekan kerjanya.

atasannya menjawab "kenapa harus naik gaji, apa menurutmu pekerjaanmu sudah dikerjakan dengan baik. Bagaimana kamu menilai kinerjamu dibanding orang lain??!". Jawaban yang mungkin bisa menjadi langkah ampu dalam melakukan skak match, pada tipe karyawan di atas.

Seperti itulah kiranya sepenggal pembicaraan pengajuan kenaikan gaji karyawan terhadap atasannya. Tanpa alur strategi dan tanpa data (kinerja) sebagai penguatnya dalam melakukan nego gaji. Sudah barang pasti nego gaji seperti di atas itu akan berakhir dengan penolakan mentah-mentah dari atasannya.

Melakukan pengajuan kenaikan gaji hukumnya sah-sah saja buat setiap karyawan, apalagi dengan desakan tuntutan kebutuhan hidup yang setiap tahunnya mengalami kenaikan seperti saat ini. Sudah barang pasti keinginan untuk naik gaji itu menjadi penghuni alam bawah sadar setiap karyawan. Hanya saja caranya harus bermain cantik. Seperti tips nego gaji di bawah ini:

1. Lakukan introspeksi terlebih dahulu sebelum mengajuka kenaikan gaji. Bagaimana kinerja anda, dan apa saja kontribusi yang telah anda berikan terhadap perusahaan?. Bandingkan secara jujur kinerja anda dengan orang lain. Jangan hanya asal nuntut namun kinerja selama menjadi karyawan dinilai jelek.

2. Siapkan bukti atau data valid mengenai hasil kinerja anda. Sebisa mungkin tertulis melibatkan data, sehingga lebih persuasif dan akan lebih mudah dan tenang dalam menjayab setiap pertanyaan yang diajukan atasan anda. Mengingat pengajuan kita real dari data yang sudah anda siapkan.

3. Gunakan bahasa yang baik dan jelas dengan strategi komunikasi yang cantik. Jangan asal minta seperti kita melakukan penodongan kepada atasan anda, karena anda sendiri juga tentunya tidak mau ditodong bukan?. Orang memiliki kecenderungan untuk meniru perilaku lawannya bicaranya. Artinya, jika anda menggunakan bahasa yang santun, bukan tidak mungkin atasan anda juga akan menjawab dengan santun, dan mungkin juga bisa meloloskan pengajuan kenaikan gaji anda.

Nah di bawah ini 3 cara dan komunikasi yang mungkin bisa anda gunakan dalam melakukan nego gaji kepada atasan di tempat anda bekerja saat ini:

1. "Pak, saya ingin berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Selama saya disini, tugas dan tanggung jawab saya sudah bertambah". (gunakan komunikasi yang baik dan cantik)

2. "Berikut ini beberapa hasil kinerja saya selama bekerja di perusahaan ini, Pak". (Lampirkan data berikut jelaskan detailnya).

3. Pak, dengan pertimbangan kontribusi saya ini, saya mohon ijin untuk mengajukan permohonan kenaikan gaji Pak. Mohon dipertimbangkan". (Utarakan tujuan anda mengenai pengajuan kenaikan gaji yang anda harapkan. Tentunya tetap menggunakan point satu di atas, yaitu komunikasi yang baik).

Namun jika 3 cara di atas tetap mengalami kebuntuan, artinya masih tetap ditolak, dengan sudah ditunjukkannya bukti bahwa kinerja belum mencukupi. Maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan menanyakan KPI apa yang perlu dipenuhi, kemudian kembangkan apa yang menjadi kekurangan tersebut. Apabila kinerja anda terbukti bagus, namun pengajuan kenaikan gaji tetap tidak disetujui, maka keputusannya ada di tangan anda, yang penting anda sudah menggunakan cara dan data yang bagus untuk proses pengajuannya. Sehingga anda bisa memutuskan apakah tetap menjalankan tugas di tempat anda bekerja sekarang, atau pindah kerja [baca juga: 5 Cara Pindah Kerja yang Baik] ke tempat lain yang mungkin bisa menjamin kebutuhan hidup anda.

0 komentar