Perpustakaan Melahirkan Generasi Cerdas

Perpustakaan Melahirkan Generasi Cerdas

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa generasi muda merupakan penerus tongkat estafet bangsa. Dimana keberlangsungan sebuah bangsa ada pada tangan-tangan muda pada nantinya. Oleh karena itu, akan sangat seimbang rasanya jika penerus bangsa tersebut memiliki kapasitas kecerdasan untuk melajutkan pergerakan roda pembangunan bangsa.

Banyak cara yang dilakukan pemerintah baik daerah atau pun pusat, untuk mencerdaskan generasi-generasi penerusnya. Salah satu contoh cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menyediakan wahana membaca atau perpustakaan untuk menambah wawasan para generasi muda tersebut. Fungsi perpustakaan sendiri sudah bisa kita rasakan dengan mudah, mengingat akses perpustakaan saat ini sudah banyak tersebebar di seluruh Indonesia. Baik daerah perkotaan atau pun pedesaan, sudah sangat mudah untuk dijangkau.


Definisi Perpustakaan


Pada mulanya perpustakaan diartikan sebagai kumpulan koleksi buku-buku, yang dimiliki baik oleh perorangan atau pun kelompok. Akan tetapi dengan koleksi dan penemuan media baru, perpustakaan didefinisikan sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun untuk menambah wawasan.

Perpustakaan pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar dan menambah ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, perpustakaan dapat diartikan secara luas sebagai salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis, untuk dipergunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan.


Hubungan Perpustakaan dengan Pendidikan


Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar yang ada di sekolah, perpustakaan memberikan sumbangan yang sangat relevan dalam upaya meningkatkan aktivitas peserta didik serta meningkatkan kualitas Pendidikan dan pengajaran. Melalui perpustakaan, peserta didik dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar. Secara keseluruhan perpustakaan menjadi sistem integral dalam program sekolah, dimana hal tersebut diimbangi dengan indikator Pendidikan lainnya turut menentukan keberhasilan proses Pendidikan dan pengajaran.

Namun fungsi di atas sangat disayangkan sekali jika minat membaca dari para penerus bangsa dijaman serba milineal seperti saat ini, masih terbilang kecil. Kemudahan akses, ketersediaan buku-buku yang lengkap tidak akan memberikan kontribusi maksimal untuk melahirkan generasi cerdas.

Jadi akan sangat penting sekali adanya pengarahan baik dari para pendidik di sekolah, maupun para orang tua untuk mengarahkan anak-anak didik mereka di sekolah, dan anak-anak mereka di rumah akan pentingnya membaca dalam menyongsong sebuah keberhasilan bangsa untuk kedepannya. Keterlibatan orang tua dan para pendidik di sekolah, akan sangat membantu menghidupkan implementasi minat membaca yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, sebagai upaya melahirkan generasi muda yang cerdas.

0 komentar