5 Fakta Dampak Kopi Terhadap Kesehatan

5 Fakta Dampak Kopi Terhadap Kesehatan

Sebagian banyak orang di dunia ini tahu tentang kopi dan meyakini manfaat yang terkandung di dalamnya. Kopi merupakan komoditas tanaman yang dipilih untuk dibudidayakan oleh sebagian banyak orang di kurang lebih 50 negara. Dari budidaya tersebut terdapat dua jenis kopi yang umum dikenal oleh penikmat kopi, yaitu kopi Arabica dan Robusta. Namun pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas jenis kopi tersebut, melainkan tentang 5 fakta dampak kopi terhadap kesehatan kita.

Pada umumnya, oleh sebagian banyak orang khususnya penikmat kopi menyakini bahwa kopi dapat menyegarkan fikiran mereka. Selain itu, membahas urusan bisnis dan sosial yang ada bisa lancar hanya dengan segelas kopi. Mungkin anggapan tersebut bisa merupakan sugesti alam bawah sadar mereka. Namun perlu diketahui bahwa terdapat 5 fakta dampak kopi terhadap kesehatan kita, yaitu:

1. Kopi merupakan minuman yang menyebabkan ketergantungan
zat kafein yang terkandung di dalam kopi adalah zat yang mampu menstimulasi sistem saraf pusat. Sehingga jika mengkonsumsi kopi dalam waktu yang sama atau sering setiap harinya, maka akan menyebabkan ketergantungan terhadap zat itu sendiri. Namun ketergantungan yang dimaksud disini tidak sampai merusak kesehatan fisik, hubungan sosial, dan ekonomi seperti yang banyak terjadi pada orang-orang yang mengalami ketergantungan pada obat-obatan adaptif. Akan tetapi, jika orang yang mengalami ketergantung pada kopi berhenti mengkonsumsi kopi, maka kemungkinan besar akan timbul gejala-gejala seperti: kegelisahan, mudah emosi, hilangnya konsentrasi, kelelahan, bahkan bisa sampai mengalami pusing atau sakit kepala.

2. Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan insomnia
Kondisi tubuh manusia dapat dengan mudah menyerap dan menghilangkan zat kafein yang terkandung dalam kopi dengan cepat. Sehingga untuk menghindari insomnia, usahakan mengkonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur. Artinya, jika kita mengkonsumsi kopi di pagi hari, maka tidak akan mengganggu tidur kita di malam hari. Maka tidak ada pembenaran bahwa insomnia disebabkan oleh kopi.

3. Kopi meningkatkan denyut jantung
Pada umumnya, orang yang biasa mengkonsumsi terlalu banyak akan merasakan denyut jantungnya lebih cepat dari sebelumnya. Namun dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa kopi tidak mempengaruhi detak jantung atau resiko terjadinya gangguan jantung. Namun bukan berarti kita bebas mengkonsumsi kopi sebanyak yang kita inginkan. Ada baiknya sebelum mengkonsumsi kopi terlalu banyak, konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.

4. Kopi dapat menghilangkan sakit kepala dan Ashma
Kandungan kaffein di dalam kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit kepala dan mengurangi gangguan ashma. Dari hasil penilitian yang dilakukan ditemukan bahwa kaffein dalam kopi dapat mencegah terjadinya gangguan parkinson, diabetes, gangguan hati, dan pikun atau bahasa medisnya demensia.

5. Mengkonsumsi kopi bagi ibu hamil
Mungkin kita pernah mendengar bahwa ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi, karena dihawatirkan mengganggu kondisi kehamilannya. Pada dasarnya mengkonsumsi kopi sedikit demi sedikit oleh ibu hamil tidak akan berdampak fatal bagi kesehatan kandungannya, seperti: keguguran, prematur atau cacat lahir, dan kesulitan hamil.

Jadi seperti itulah 5 fakta dampak kopi terhadap kesehatan kita. Kopi memang memiliki sedikit manfaat buat kesehatan, namun kopi memiliki potensial kesehatan sebagaimana pemaparan di atas. Selain memiliki potensial kesehatan. Kopi juga dijadikan gaya hidup dari dulu hingga sekarang. Dulu di era penjajahan belanda sampai dengan zaman milenial seperti saat ini, kopi dijadikan trend gaya hidup di kalangan masyarakat. bedanya kalau dulu kopi hanya dikonsumsi oleh kaum berada (kaya), sekarang kopi dapat dinikmati oleh semua kalangan. Baik di warung-warung pinggir jalan, sampai dengan caffe dengan latar yang mewah.

Semoga informasi tentang 5 fakta dampak kopi terhadap kesehatan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Dan dapat menambah wawasan terkait dengan dunia kopi.

8 komentar

  1. Soalnya aku ga kuat ndue bojo galak om,, jadinya tak tinggal ngopi aja deh. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwakakakaka.... nella kahrisma.... mantaaappppppp :D

      Delete
  2. Wah mantep om artikelnya,,padahal saya demen bnget ngopi.hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama om.... kita sesama penikmat kopi sejati..... sruput dulu kopi hitamnya biar nulisnya tambah josssss (meski belum ke approve sama mbah...nasib, nasiiibb :D)

      Delete
  3. Replies
    1. Hahahaha sama lah kita om.... sama2 penikmat kopi, karena semua berawal dari segelas kopi... :D

      Delete
  4. Makanya. marilah kita terus ngopi. Ngopi..ngopi...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari diseruput kopinya sama-sama..... :D

      Delete