Cara Mengobati Vertigo

Cara Mengobati Vertigo

Vertigo merupakan gejala penyakit yang biasa dialami oleh penderita penyakit tertentu. 

Dan pada umumnya vertigo ini disebabkan karena adanya gangguan saraf yang ada di area telinga, dan gangguan pada batang otak. Orang yang mengalami gangguan ini biasanya akan merasakan pusing yang sangat dibagian kepala belakang. Selain itu juga, penderita akan berhalusinasi dimana dia merasa lingkungan sekitarnya berputar, terutama disaat dia dalam posisi berdiri.

[Baca juga: Vertigo, Penyakit atau Gejala]

Vertigo pada dasarnya bukanlah penyakit, melainkan gejala dari penyakit. Tentunya vertigo ini tidak begitu dianggap menghawatirkan. Namun jika tidak segera dilakukan tindakan penyembuhan, maka gangguan vertigo akan berkepanjangan dan mungkin bisa tamba parah. Bagi penderita yang mengalami vertigo yang parah biasanya akan mengalami rasa mual, muntah, dan rasa kit dikepala sehingga penderita tidak mampu lagi untuk berdiri. Lalu, bagaimana cara mengurangi atau menyembuhkan gangguan vertigo?. Dalam kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi informasi terkait bagaimana cara mengobati vertigo.

Dalam upaya mengobati vertigo dan mengurangi rasa pusing akibat gangguan vertigo, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Dimana diantaranya adalah:

Cara Mengobati Vertigo

1. Makan buah nanas 2 x 1/4 bagian buah berikut denga tengahnya (hati buah), pagi dan sore disaat perut dalam keadaan kosong. Namun perlu diperhatikan juga, bagi kaum wanita buah nanas disinyalir dapat menggangu organ intim wanita seperti keputihan. Jadi untuk mengkonsumsi nanas cukup dimakan sedikit demi sedikit dengan tetap memantau reaksinya.

2. Lakukan lima kali aktifitas membuka tutup mata dalam posisi berdiri tegak. Hal ini diupayakan untuk membantu melancarkan peredaran darah ke otak.

3. Setelah melakukan aktifitas buka tutup mata dalam posisi berdiri. Selanjutnya lakukan pergerakan memutar kepala ke kiri dan ke kanan dengan pasang dagu ke dada sebanyak tiga kali.

4. Ankat kepala dengan menghadapkan wajah ke atas, kemudian turunkan secara perlahan. Kemudian naikkan lagi wajah ke atas, dan diulang sebanyak tiga kali. Selanjutnya teruskan dengan memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai telinga menyentuh bahu, dan tahan sampai 15 detik. Dan ganti ke telinga satunya sampai tiga kali.

5. Lakukan kegiatan buka tutup mata dalam posisi duduk dan berdiri dengan punggung tegak lurus. Buka mata disaat posisi duduk, dan tutup mata disaat posisi berdiri. Lakukan kegiatan tersebut sebanyak tiga kali.

6. Kemudian lanjutkan dengan kegiatan menggerakkan mata secara vertikal, dan lakukan praktek otot mata dengan memusatkan pandangan kemana arah objek bergerak, sebanyak tiga kali.

7. Perbaiki pola hidup dengan cara istirahat yang cukup. Usahakan tidur dibah jam 22:00 WIB.

Cara mengurangi pusing karena Vertigo

1. Usahakan kepala tidak bergerak
2. Tidur dan pejamkan mata untuk menenangkan saraf-sarah di kepala khusus di area telinga dan mata
3. Lakukan pijatan secara berkala pada telinga kanan dan kiri sampai rasa pusing hilang
4. Kemudian tarik daun telinga secara horizontal, lakukan sampai rasa pusing tidak terasa lagi
5. Lakukan pengaturan nafas dengan cara menarik nafas panjang dan keluarkan secara perlahan. Lakukan hal tersebut beberapa kali

Beberapa menu yang diyakini mampu mengurangi gejala vertigo. Diantaranya adalah:
1. Bayam
2. Krokot
3. Nanas
4. Paprika
5. Jahe
6. Bawang putih
7. Ikan air tawar seprti gabus, lele, Mujaer, dll
8. Mengkudu
9. Pisang
10. Putih telur
11. Dan buah sitrus berupa jeruk nipis dan anggur.
12. Alpukat.

Demikianlah informasi terkait cara mengobati vertigo dan mengurangi gejala yang muncul karena vertigo. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan bisa dilakukan untuk kesembuhan gangguan vertigo yang diderita.

2 komentar

  1. thanks buat tipsnya yaa, artikelnya informatif bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan. semoga bisa bermanfaat :)

      Delete