Vertigo, Penyakit atau Gejala?

Gejala Vertigo

Vertigo Disorder

Merupakan gangguan yang terjadi akibat keseimbangan tubuh terganggu karena kekurangan oksigen (o2) ke otak, atau juga adanya gangguan saraf diantara telinga dengan kepala. Orang yang mengalami gangguan ini biasanya akan merasakan sakit di kepala bagian belakang, dan merasa diri atau lingkungan sekitanya berputar. Sebenarnya vertigo sendiri bukan merupakan penyakit, melainkan merupakan gejala penyakit akibat menurunnya aliran darah ke otak akibat tubuh kekurangan oksigen.

Terdapat beberapa hal yang dapat memicu munculnya gangguan vertigo ini, diantaranya adalah:

1. Kurangnya waktu istirahat (tidur)
Orang yang terlalu sering begadang cenderung mudah terserang gangguan vertigo ini. karena semakin sering begadang, maka metabolisme tubuh akan terganggu.

2. Terlalu sering membersihkan telinga
Tidak sedikit orang yang demi menjaga penampilan dan kebersihan tubuhnya sering melakukan pembersihan pada area telinga. Biasanya membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bat atau korek pembersih telinga. Justru dengan seringnya melakukan pembersihan telinga hanya akan mengganggu saraf di area telinga itu sendiri. Sehingga akan memicu munculnya gangguan vertigo.

3. Bantal terlalu tinggi atau terlalu renda
Posisi bantal disaat ini tidur juga harus diperhatikan. Karena posisi bantal yang tidak pas dapat memicu munculnya gangguan vertigo.

4. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memicu asam lambung
Seringnya makan dan minum yang dapat memicu terjadinya asam lambung juga beresiko munculnya gangguan vertigo. Diantara makanan dan minum tersebut antara lain: Makanan berlemak tinggi, Daging, Kubis, Kopi, Coklat, dan minuman bersoda.

5. Terlalu sering main gadget dan laptop
Keseringan bermain gadget, dan laptop atau komputer juga beresiko munculnya gangguan vertigo, karena sarah mata akan menjadi tegang disaat menggunakan gadget terlalu lama.

6. Kadar gula darah di bawah 70 juga akan mudah memicu munculnya gangguan vertigo


Vertigo sendiri dibagi menjadi dua bagian sesuai dengan penyebab yang memicu munculnya gejala vertigo itu sendiri, yaitu vertigo perifer dan sentral.

Vertigo Perifer

Jenis vertigo perifer adalah vertigo yang bersifat umum. Vertigo perifer biasanya disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan sarah yang ada pada area telinga khususnya di bagian dalam telinga. Dalam istilah medisnya, gangguan tersebut dikenal dengan vestibular neuronitis, Meniera, proxysmal positional vertigo, dan labirinitis. Biasanya jenis vertigo perifer ini gejalanya terjadi dalam waktu yang singkat namun berulang-ulang, dan sertai dengan rasa mual, pusing, dan muntah. Sehingga tidak jarang begi penderitanya akan mengalami gagal fokus.

Vertigo Sentral

Vertigo sentral ini biasa disebabkan karena adanya gangguan pada otak kecil yang posisinya tepat berada di bawah batang otak atau serebelum. Penggunaan obat-obatan terntentu dapat memicu terjadinya vertigo sentral itu sendiri. Selain pengaruh obat-obatan, vertigo sentral bisa terjadi pada penderita tumor otak, stroke, sklerosis multiple, dan migren. Dan tidak jarang pula bagi penderita vertigo sentral ini akan mengalami perubahan sensibilitas dan fungsi motorik. Sedikit banyak dari mereka yang akan mengeluhkan kondisi dirinya yang lemah yang disebabkan adanya gangguan pada batang otaknya.

Jadi pemaparan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala dari penyakit yang terdapat pada diri penderita. Mengingat penyebab yang memicu munculnya vertigo adalah beberapa penyakit seperti adanya gangguan saraf telinga, stroke, tumor otak, dan penyakit lainnya yang tersebut di atas. Gangguan vertigo ini tentunya akan sangat mengganggu sekali bagi penderitanya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, akan sangat perlu sekali untuk segera mengobati gangguan tersebut, agar aktivitas sehari-hari bisa berjalan normal. Dan untuk mengetahui bagaimana cara mengurangi atau mengobati gangguan vertigo, silahkan buka pada tulisan di link ini [baca juga: Cara Mengobati Vertigo]

0 komentar