4 Makanan Khas Indonesia yang Digemari Bule

Akar Info - 4 Makanan Khas Indonesia yang Digemari Bule

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Bentangan pegunungan dan hamparan lautan menjadi sumber kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Selain kekayaan alam tersebut, Indonesia juga memiliki kekayaan budaya, bahasa, dan tidak lepas kulinernya. Berbagai macam sajian kuliner yang ada di Indonesia, dari sabang sampai dengan meraoke memiliki sajian kuliner yang khas Nusantara. Namun terdapat 4 makanan khas Indonesia yang sangat digemari sekali oleh Bule atau orang asing. Dari ke-4 makanan tersebut antara lain adalah:

1. Bakso
Bakso merupakan makanan khas Indonesia. Sajian daging sapi atau ayam yang diproses sedemikian rupa hingga berbentuk menyerupai bola kecil, dan disajikan dengan kuah kaldu, bihun, dan gorengan atau pangsit. Makanan ini paling nikmat jika dinikmat pada musim penghujan, karena makanan ini disajikan saat masih panas sehingga kontras dengan cuaca pada musim penghujan. Masakan bakso ini akan sering kita jumpai jika kita berkunjung ke kota Solo (Jawa Tengah), dan Malang (Jawa Timur). Dan makanan ini menjadi salah satu dari 4 makanan khas Indonesia yang digemari oleh bule atau orang asing.
Akar Info - 4 Makanan Khas Indonesia yang Digemari Bule


2. Sate
Sate merupakan masakan yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil menyerupai dadu. Kemudian potongan-potongan tersebut ditusuk dengan bambu sebesar lidi, dan kemudian dibakar. Makanan ini biasanya disajikan lengkap dengan bumbu kacang, kecap manis dan irisan bawang merah. Satu biasa juga dimakan dengan lontong atau nasi sesuai selera penikmatnya. Sate sendiri dikenal dari provinsi Jawa Timur, tepatnya di Pulau Madura. Namun untuk menikmati masakan yang satu ini, kita tidak perlu jauh-jauh ke Madura, karena penjual sate sendiri sudah bertebaran di berbagai kota di Indonesia. Dan makanan juga menjadi pilihan favorit bule pada saat berkunjung ke Indonesia.
Akar Info - 4 Makanan Khas Indonesia yang Digemari Bule

3. Nasi Goreng
Mungkin di setiap negara ada yang namanya nasi Goreng. Namun tidak akan sama rasanya dengan nasi goreng khas Nusantara. Nasi goreng khas Nusantara lebih dikenal dengan nasi goreng Jawa. Makanan yang satu ini terbuat dari nasi dengan bumbu-bumbu khas Indonesia seperti bawang putih, garam, tomat, kecap dll. Untuk menikmati makanan yang satu ini hampir mirip dengan Sate. Artinya kita tidak perlu repot-repot ke luar kota untuk menikmati nasi goreng ini. Karena penjual nasi goreng juga sudah bertebaran di seluruh Indonesia. Ada yang membuka lapak di pinggir jalan Raya, ada pula yang makanannya keliling kompleks perumahan. Dan makanan ini juga menjadi salah satu menu utama yang dicari oleh bule.
Akar Info - 4 Makanan Khas Indonesia yang Digemari Bule

4. Nasi Padang
Sejarahnya, nasi padang dulu merupakan menu makanan orang dengan perekonomian menengah ke atas, dan hanya ada di Minangkabau Sumatra Barat. Nama Padang sendiri merupakan nama ibu kota provinsi Sumatra Barat. Masakan yang satu ini dikenal dengan masakan berbahan santan dengan rasa pedasnya (lombok ijo). Penyajian makanan yang satu ini bisa terbilang lengkap, karena semua asupan gizi ada di dalamnya seperti daging sapi, ayam, sayuran hijau, dll. Saat ini, masakan padang atau biasa kita kenal dengan nasi padang sudah bisa kita nikmati dimana saja. Hal itu bisa terlihat dari warung-warung di setiap kota di Indonesia dengan banner bangunan rumah khas padang di depan warung, siap menyajikan masakan yang satu ini. Dan, masakan ini juga menjadi salah satu makanan yang diburu oleh bule atau orang asing yang datang ke Indonesia.
Akar Info - 4 Makanan Khas Indonesia yang Digemari Bule

Demikianlah informasi terkait 4 makanan khas Indonesia yang digemari oleh bule. Tentunya menjadi salah satu kebanggaan tersendiri mengingat kreasi anak bangsa khususnya dalam segi masakan, digemari oleh orang asing (Bule). Hal itu menandakan bahwa kekayaan alam di Indonesia sangatlah berharga dan patut kita lestarikan demi keberlangsungan hidup kita. Karena semua bahan yang ada pada beberapa masakan di atas, bisa dengan mudah kita dapatkan di tanah air kita Indonesia ini. Dan semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk berani menjadi interpreneur dengan ciri khas kuliner Nusantara.

0 komentar