6 Alasan Lamaran Kerja tidak Diterima

Akar Info - 6 Alasan Lamaran Kerja tidak Diterima

Frequently Asked Question (FAQ)

" Mengapa saya sudah melamar sana-sini tetapi tidak ada panggilan kerja sama sekali". Mungkin pertanyaan seperti ini sering kita jumpai dilingkungan terdekat kita. Baik dari keluarga kita sendiri atau bahkan dari teman-teman terdekat kita. Selain lingkungan terdekat, kita sendiri juga mungkin pernah merasakan pertanyaan itu muncul dari benak kita. Teman-teman mungkin sudah sering mengirimkan cv dan surat lamaran kerja kemana-mana, akan tetapi panggilan tidak kunjung datang, berikut beberapa alasan :

1. Spesifikasi pendidikan Anda tidak cocok dengan persyaratan lowongan kerja. Dibutuhkan sarjana hukum, eh kok akuntansi ikutan ngelamar. Semua orang tentunya menginginkan pekerjaan, tidak luput kita juga. Karena keinginan yang terlalu besar tersebut, kita terkadang sedikit mengenyampingkan kualifikasi yang tertera pada lowongan kerja yang kita baca. Salah satu kualifikasi seperti pendidikan menjadi syarat khusus dalam seleksi karyawan. Karena syarat tersebut menyesuaikan dengan beban kerja yang akan diterima nantinya.

2. Pengalaman Anda tidak cukup memenuhi persyaratan lowongam kerja. Dibutuhkan pengalaman kerja 2 tahun, eh fresh graduate kok melamar. Tidak jarang beberapa perusahaan yang menginginkan atau membutuhkan tenaga kerja yang pengalaman. Hal tersebut bukan untuk men-diskreditkan orang-orang dengan status fresh graduate. Kualifikasi pengalaman kerja tersebut dimaksudkan untuk menempatkan seseorang pada tempat yang tepat. Artinya dibutuhkan seseorang yang sudah memiliki pengalaman tertentu untuk menghandle pekerjaan yang sifatnya berat dan vital.

3. CV dan surat lamaran Anda tidak menjual. Artinya CV dan surat lamaran yang Anda kirimkan tidak menggambarkan diri Anda dan kompetensi diri yang merupakan kekuatan Anda, sehingga kurang menarik perhatian dari para HR. CV yangg menarik bukan dari segi tampilan tapi kompetensi. Ilustrasinya jika CV anda blink-blink atau dipenuhi dengan warna cerah karena Anda minta buatkan ke jasa pembuat CV blink-blink, maka ibaratnya Anda naik mobil Alphard tp cc mobil 1000.

4. Tidak mengikuti petunjuk pengiriman, misalnya maksimal ukuran CV atau foto dlm MB (megabyte). Jika tidak diatur maka sebaiknya satukan foto, foto ijasah, transkrip, sertifikat pendukung dalam satu folder dan dikompres, dan berikan nama Anda sebagai nama file. Pada saat mengirim ada 3 file, yaitu : surat lamaran, cv dan file pendukung semisal sertifikat pendidikan, surat pengalaman kerja, dan kelengkapan lainnya.

5. Gunakan foto profesional sebagai profil Anda untuk melamar. Jangan menggunakan foto-foto sebagaimana yang terpasang di media social, semisal foto dengan post manyun, mejulurkan lidah, dan foto sedang liburan ke Bali dll.

6. Gunakan alamat email formal, jangan gunakan email dengan nama yang sedikit alay dan supergalau, misalnya akuhdandiah@gmail.com atau adegmanieezz@gmail.com. Cukup gunakan alamat email yang bersifat formal, misalnya andy@gmail.com, dan alamat email formal lainnya.

Jadi akan sangat penting bagi kita untuk memahami terlebih dahulu kebutuhan lowongan kerja yang akan kita lamar. Karena kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan pada lowongan kerja tersebut merupakan persyaratan mutlak untuk mendapatkan karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu, penting juga untuk menghindari alamat email dan foto yang bersifat alay atau non formal. Karena alamat email, foto, CV, dan surat lamaran selalu memberikan kesan pertama terhadap diri Anda. Jadi berikan kesan formal pertama saat team HR menerima kiriman lamaran Anda, sehingga dapat memberikan kesan menarik yang mungkin nantinya team HR akan memanggil Anda.

Deikian informasi perihal 6 alasan lamaran kerja tidak diterima. Semoga pemaparan di atas dapat memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca semuanya. Dan semoga untuk kesempatan lamaran berikutnya, Anda bisa dipanggil oleh perusahaan dimana Anda melamar bekerja.

4 komentar

  1. Saya nih kak, seringnya begitu, mungkin karna yang saya lamar bukan spesifik dari latar belakang akademik saya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mulai dari sekarang harus lebih spesific lagi dalam mengirimkan lamaran kerjanya. good luck

      Delete
  2. Replies
    1. Betul itu om.... tapi ya kerja itu kalo kata orang jawanya sih sawang sinawang om...hehehe

      Delete