Psikologi dan Kehidupan


Ilmu Psikologi

Merupakan salah satu fokus keilmuan yang mungkin sedikit banyak orang sudah mengetahui tentang kapan dan bagaimana ilmu tersebut muncul. Khususnya bagi mereka yang notabene mendalami ilmu Psikologi. Ilmu Psikologi sendiri merupakan salah satu fokus keilmuan yang banyak diminati dikalangan masyarakat kita. Dan biasanya sebagian dari mereka tertarik untuk mempelajari ilmu Psikologi adalah untuk tujuan keberlangsungan hidup yang lebih baik. Sebenarnya apa korelasi Psikologi dengan Kehidupan?, mengingat tidak sedikit apa yang menjadi dasar sebagian orang mempelajari ilmu Psikologi adalah demi keberlangsungan hidup lebih baik. 

Oleh karena itu, pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih dalam membahas manfaat apa saja yang terkandung dalam ilmu Psikologi untuk kehidupan kita, seperti sosial, pendidikan, pekerjaan, dan keluarga.

Manfaat Umum

Terdapat beberapa manfaat umum yang bisa kita rasakan dari mendalami ilmu Psikologi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sosial
Dalam kehidupan sosial kita tentunya akan berhubungan langsung dengan orang lain, yang tentunya juga dengan karakter yang berbeda-beda. Dari perbedaan karakter itulah akan muncul beberapa permasalahan yang mungkin hanya bisa dipecahkan dengan implementasi ilmu Psikologi. Kenapa harus dengan ilmu Psikologi?. Ilmu Psikologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari salah satu aspek kejiwaan manusia seperti emosi, tingkah laku, dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan sosial. Dan pembelajaran seperti di atas masuk dalam kategori Psikologi Umum, yaitu Psikologi Sosial.

2. Pedidikan
Selain Psikologi sosial yang merupakan salah satu kategori Psikologi Umum, Psikologi pendidikan juga merupakan salah satunya. Fokus dalam Psikologi pendidikan ini adalah bagaimana cara melakukan modifikasi perilaku dalam kaitannya dengan kondisi dan situasi pendidikan seperti menarik perhatian dan membangun semangat siswa agar proses belajar mengajar menjadi kondusif dan maksimal. Selain itu, peran Psikologi dalam dunia pendidikan juga sangat penting, yaitu membantu dalam upaya untuk mengetahui minat dan bakat siswa.

3. Pekerjaan
Dari kedua kategori di atas, adanya juga kategori Psikologi umum yang hubungannya dengan pekerjaan, yaitu Psikologi produksi. Fokus dari Psikologi industri ini adalah menerapkan metode fakta dan prinsip Psikologi pada manusia sabagai tenaga kerja. Prinsip Psikologi yang dimaksud disini adalah seperti interaksi langsung dengan pekerjaan, dan interaksi dengan lingkungan sosial di tempat kerja. Dengan memahami proses interaksi tersebut, diharapkan karyawan dapat bekerjan dengan senang dan hasil kerja bisa maksimal.

4. Keluarga
Semua orang tentunya menyadari bahwa dalam mengasuh anak adalah susah gampang. Susahnya adalah disaat anak berada masa transisi dimana penolakan, dan perlawanan sesalu ditunjukkan oleh sang buah hati. Dan kondisi gampangnya adalah disaat sang buah hati terlihat pandai dan menjadi penurut tanpa menunjukkan agresifitasnya terhadap orang tua. Dan untuk menangani kesulitan dalam mengasuh anak seperti yang tersebut di atas adalah dengan memahami Psikologi keluarga, mengingat fokus dari psikologi ini adalah perilaku interaksi sosial dalam lingkung kecil, yaitu keluarga. Dengan kita berbekal pemahaman akan Psikologi keluarga. Tentunya kita akan mampu untuk mengetahui karakteristik masing-masing keluarga, mempermudah interaksi anggota keluarga, mampu dalam memodifikasi perilaku untuk menjadi lebih baik, mampu mengembangkan potensi setiap anggota keluarga, dan memahami management keluarga.

Seperti itulah pemaparan manfaat umum yang bisa kita peroleh dalam memperlajari ilmu Psikologi. Namun perlu kita pahami bahwa manfaat dari ilmu Psikologi sendiri tidak hanya berhenti pada 4 manfaat umum di atas. Ilmu Psikologi merupakan ilmu yang akan terus berproses sehingga akan muncul teori-teori baru, selama kehidupan manusia terus berlanjut. Karena ilmu Psikologi sendiri korelasinya dengan proses kehidupan manusia. Sehingga selama proses hidup manusia terus berjalan, dan kemunculan karakter-karakter baru ikut bermunculan. Maka ilmu Psikologi akan terus menjadi bidang ilmu yang akan menarik dipelajari.

Semoga tulisan yang menjadi kesekian kalinya penulis hadirkan ini. Menjadi tulisan yang bersifat informatif bagi pembaca Akar Info. Serta dapat menambah wawasan bagi kita semua dan dapat dipetik manfaatnya.

0 komentar