5 Gaya Kepemimpinan untuk Generasi Millenial

Akar Info - 5 Gaya Kepemimpinan untuk Generasi Millenial

Gaya kepemimpinan untuk generasi millenial

merupakan pembahasan yang cukup menarik untuk kita kupas pada kesempatan kali ini. Namun penting rasanya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu apa dan seperti apa generasi millenial itu sendiri. Generasi millineal yang dikenal dengan sebutan generasi Y, merupakan generasi yang memiliki keunikan tersendiri yang cukup berbeda dengan generasi pendahulunya, yaitu generasi X. Generasi Y cenderung kritis, ambisius, memiliki tingkat penasaran yang tinggi, dan tentunya melek teknologi.

Perilaku millenial hampir tidak bisa lepas dari dunia sosial media yang dipenuhi dengan berbagai macam informasi, politik, bisnis, dunia keartisan, dan banyak lagi informasi lainnya. Sehingga tidak mengherankan akibat perilaku tersebut banyak hal menarik menjadi ciri khas atau identitas dari generasi ini. Dimana salah satu ciri khas yang paling menonjol adalah gaya komunikasi yang biasa mereka lakukan setiap harinya. Dan tentunya ciri khas ini akan menjadi tantangan tersendiri karena tidak jarang akan mengalami benturan dengan nilai-nilai atau norma yang sudah ada sebelumnya. Terdapat anggapan bahwa generasi millenial ini memiliki kecenderungan untuk tidak mematuhi standard yang sudah diberlakukan.

Oleh karena akan sangat penting rasanya bagi para pemimpin dalam memimpin suatu team dengan beranggotakan generasi millenial untuk mengetahui gaya kepemimpinan untuk generasi millenial, agar dapat memberikan panduan untuk mengendalikan aspek vitalitas yang mereka miliki. Jika mereka diberikan arahan yang tepat, maka akan menguntungkan bagi team. Namun sebaliknya, jika salah dalam memberikan arahan, maka mereka tidak akan terkendali dan cenderung tidak akan mematuhi norma yang berlaku.

Jika seorang pimpinan dapat memahami bagaimana generasi millenial ini berfikir, bertindak serta termotivasi. Maka bukan tidak mungkin lagi pemimpin akan dapat merumuskan strategi people management yang tepat, dan mengaplikasikan gaya kepemimpinan yang efektif. Oleh karena itu, di bawah ini kita akan bahas mengenai 5 gaya kepemimpinan untuk generasi millenial, diantaranya adalah:

1. Melek teknologi
Seperti yang disebutkan di atas dimana generasi millenial hampir tidak bisa lepas dengan dunia sosial yang notabene merupakan unsur dari tekhnologi. Jadi akan sangat penting bagi seorang pemimpin untuk lebih memahami tentang tekhnologi lebih dari pemahaman yang dimiliki oleh bawahannya.

2. Lebih bijak
Bagi seorang pemimpinan yang notabene merupakan generasi baby boomers, dituntut harus lebih bijak dalam mengahadapi segala masalah yang berkaitan dengan generasi millenial. Karena perbedaan gaya komunikasi akan lebih cenderung bergesekan satu sama lainnya. Kritik yang membangun tentunya jauh lebih baik dari pada menyalahkan tanpa arahan.

3. Pahami kompetensi bawahan
Jika kita merupakan seorang pemimpin generasi millenial, tentunya akan sangat penting bagi kita untuk memahami kompetensi masing-masing bawahan kita. Sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk mengarahkan, dan memotivasi mereka untuk lebih baik lagi.

4. Sebagai sumber inspirasi
Generasi millenial juga cenderung memiliki ketertarikan pada sosok yang dianggapnya tepat untuk dijadikan sebagai panutan. Tentunya jika dari 3 (tiga) gaya di atas sudah dimiliki oleh seorang pemimpin, maka bukan tidak mungkin lagi atasan tersebut akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi millenial.

5. Kedepankan pendekatan persuasif
Untuk memahami fikiran dan kebutuhan bawahan yang masuk dalam kategori generasi millenial. Akan sangat penting bagi seorang pemimpin untuk melakukan pendekatan persuasif kepada masing-masing bawahan. Karena dengan pendekatan persuasif tidak hanya membantu memahami kebutuhan bawahan, melainkan juga mampu membangun kemunikasi satu arah. Sehingga akan dengan mudah mengenyampingkan perbedaan komunikasi antara generasi baby boomers dengan generasi millenials.

Demikianlah pembahasan mengenai gaya kepemimpinan untuk generasi millenial yang tentunya akan sangat menarik sekali untuk kita bahas dan pelajari bersama. Semoga apa yang menjadi pembahasan dalam tulisan ini dapat membantu kita semua khususnya bagi pemimpin yang pada saat ini membawahi suatu team dengan beranggotakan generasi millenial.

0 komentar