5 Hal Tentang Keluarga Sakinah

Akar Info - 5 Hal Tentang Keluarga Sakinah

Setiap manusia yang hidup di muka bumi ini, khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga tentunya ingin sekali menjalani bahtera rumah tangga yang tentram (sakinah). Karena tentram itu sendiri merupakan wujud yang nampak akan rahmat yang diberikan Tuhan kepada manusia. Keluarga yang jauh akan dari kata sakinah hanya akan menimbulkan perpecahan, runtuhnya kepercayaan antar pasangan, dan kehancuran rumah tangga. Jika sudah demikian, yang akan menjadi korban adalah anak-anak yang sejatinya hanyalah "penumpang" dalam bahtera rumah tangga itu sendiri.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa membangun keluarga yang sakinah yang penuh dengan kebahagian?. Pada dasarnya islam sendiri telah memberikan gambaran atau konsep tentang keluarga sakinah sebagaimana yang pernah kita tulis sebelumnya [baca juga: Konsep Keluarga Sakinah dalam Islam]. Namun sebelum kita masuk pada konsep keluarga sakinah, mungkin ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa dan bagaimana keluarga sakinah itu sendiri.

Keluarga sakinah adalah keluarga yang di dalamnya terdapat ketentraman, kedamaian, dan kebahagian. Di dalam keluarga sakinah, perilaku yang tercermin adalah perilaku yang penuh akan kecintaan terhadap sesama terlebih juga terhadap Tuhan. Karena keluarga sakinah tentunya memiliki tingkat keImanan yang terbilang tinggi. Dan perilaku yang dimunculkan adalah cerminan dari akhlak yang mulia. Terdapat 5 hal dalam keluarga sakinah yang mungkin sangat perlu untuk kita ketahui. 5 hal tersebut diantaranya adalah:

1. Keimanan yang kuat
Segala tindak tanduk yang muncul dari keluarga sakinah tentunya tidak menyimpang dari apa yang telah disyari’atkan oleh agama. Dimana segala sesuatunya dikiblatkan pada tatanan atau norma yang telah ditetapkan oleh agama. Sehingga mereka dapat memahami batasan-batasan untuk tidak menyalahi norma-norma yang telah ditentukan.

2. Akhlak yang baik
Jika menjalankan segala sesuatunya searah dengan yang disyari’atkan, tentunya akan menjadikan keluarga sakinah mengedepankan kebaikan Bersama. Artinya, orang-orang yang ada di dalam keluarga sakinah akan lebih menghormati pendapat orang lain, dan akan selalu bersikap santun pada sesama, baik kepada suami atau istri, lebih-lebih juga kepada anak.

3. Selalu mengedepankan keluarga
Bagi sebagian banyak orang, keluarga merupakan hal yang lebih penting dari segalanya. Anggapan itu pun selalu ada bagi mereka yang menjalani bahtera keluarga yang sakinah. Memang tidak sedikit pula ada sebagian orang yang banyak menghabiskan waktunya demi pekerjaan. Dimana harta diyakini dapat memberikan kebahagian dari pada menghabiskan waktu dengan keluarga. Namun yang demikian itu tidak berlaku bagi keluarga yang sakinah.

4. Selalu romantis
Keluarga yang sakinah akan lebih senang dengan hal-hal yang romantis, yang tujuannya tidak lain adalah untuk menyenangkan pasangan (istri/suami). Romantisme itulah yang akan selalu menjaga keharmonisan antara suami dan istri. Sehingga cek cok atau pertengkaran besar dan kecil dapat dengan mudah mereka hindari.

5. Saling membantu
Demi selalu menjaga romantisme, keluarga yang sakinah selalu menunjukkan sikap saling membantu satu sama lain. Suami tidak merasa segan untuk membantu pekerjaan istri di rumah, pun begitu juga sebaliknya. Dimana seorang istri akan selalu ada disaat suami berada dalam kesusahan. Dan yang demikian akan terus mereka lakukan demi ketentraman rumah tangga yang mereka jalani.

Demikianlah 5 hal tentang keluarga sakinah yang tentunya sangat menarik untuk kita bahas. Karena kita hidup didunia ini tentunya sudah takdirkan untuk berpasang-pasangan. Dan dalam upaya menjalani takdir tersebut, tentunya akan banyak cara dan upaya yang akan kita lakukan demi membangun keluarga yang sakinah. Semoga apa yang menjadi pembahasan dalam tulisan kali ini. Dapat memberikan wawasan bagi kita semua tentang keluarga sakinah.

0 komentar