10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Akar Info : 10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi untuk kesehatan???.

Siapa yang tidak mengenal kopi yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan kita?. Dari pangkal sampai ujung Indonesia, dari laki-laki sampai perempuan, sudah banyak yang mengenal kopi. Dari kopi dengan racikan sederhana yang mengedepankan originalitasnya, sampai dengan sajian kopi yang mengikuti pergerakan jaman, seperti yang banyak tersaji di caffe-caffe modern di daerah perkotaan. Siapa sangka, kopi yang merupakan minuman semua kelas, dari yang kelas menengah ke bawah sampai menengah ke atas ini, memiliki manfaat yang baik buat kesehatan kita. Maka tidak heran, jika dari kota sampai ke pedesaan banyak warung, kedai, atau caffe yang beramai-ramai menjual minuman dengan rasa sedikit pahit sebagai ciri khasnya ini. Menjadi pilihan terfavorit buat nongkrong dengan seribu pembahasan menarik.

Memang, banyak kontroversi mengenai manfaat kopi terhadap kesehatan [baca juga : 5 Fakta Dampak Kopi Terhadap Kesehatan], karena kandungan cafein di dalam kopi jika dikonsumsi berlebihan tidak akan berdampak baik bagi kesehatan kita. Namun kembali lagi, bahwa apapun, tidak hanya minuman dan makanan saja yang jika dikonsumsi berlebihan tidak akan baik bagi kesehatan dan kehidupan kita. Lantas apa saja manfaat dari mengkonsumsi kopi?. Pada tulisan artikel kali ini, kita akan membahas 10 manfaat kopi bagi kesehatan kita. Dan kita akan kupas tuntas dari ke sepuluh manfaat tersebut.

1. Membantu menjaga kesehatan otak
Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa, dengan mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar dapat membantu menjaga kesehatan otak kita. Karena dengan mengkonsumsi kopi, otak akan terbantu untuk lebih focus dan adrenalin akan terpompa, sehingga energi dan semangat kita akan meningkat. Juga dapat menyetabilkan emosi kita pada saat itu. Dengan begitu otak kita tidak akan bekerja lebih keras dari sebelum kita mengkonsumsi kopi.

2. Meningkatkan produktivitas
Kandungan yang terdapat pada kopi yang membantu otak kita agar lebih focus, dan mengusir kantuk pada saat kita berada pada kondisi bekerja. Akan berdampak pula pada tingkat produktivitas kita. Karena tidak dipungkiri lagi bahwa seseorang yang dalam melakukan aktifitasnya selalu focus, maka akan menghasilkan sesuatu yang lebih bagus. Dengan meningkatnya produktivitas kita, maka akan lebih baik pula hasil yang akan kita capai.

3. Sebagai antioksidan
Selain cafein yang terkandung di dalam kopi, terdapat pula kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah peradangan pada otak kita. Mengingat peradangan ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena dapat memicu terjadinya osteoporis, kanker, penyakit jantung, dan yang lebih parah lagi Alzheimer. Jadi, apakah masih ragu untuk mengkonsumsi kopi?

4. Dapat mengurangi stress
Aroma kopi yang khas pada saat seduhan pertama, dipercaya mampu menghilangkan stress yang pada saat itu kita alami. Karena aroma khas yang keluar dari kopi mampu menstimulus otak kita agar lebih rileks dan dapat memunculkan energi positif. Hasil penelitian dari Archives of internal medicine, menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi satu sampai dua kopi dalam sehari, mampu mengurangi tingkat depresi hingga 20%. Jadi, tidak ada salahnya mengurangi stress dengan minum segelas kopi yang nikmat dan juga menyehatkan.

5. Menjaga kesehatan hati / liver
Sebagaimana yang tersebut di atas bahwa selain kandungan cafein di dalam kopi, terdapat pula kandungan antioksidan yang mampu menekan terjadinya kerusakan pada organ hati. Seperti yang kita ketahui bahwa, kematian akibat kerusakan hati menduduki urutan ke 12 (dua belas) sebagai penyebab terjadinya kematian pada manusia.

Sebuah penelitian tentang manfaat kopi terhadap kesehatan hati yang pernah dilakukan, juga memperkuat pernyataan bahwa kopi dapat menjaga kesehata hati kita (baca di Journal of Hepatology). Dari hasil penelitian tersbut, menyebutkan bahwa kopi dapat mencegah terjadinya fibrosis hati, yang merupakan pemicu terjadinya kerusakan hati pada manusia.

6. Mencegah resiko bunuh diri
Seperti yang tersebut di atas, dimana aroma kopi mampu menjadi stimulus untuk membuat otak kita agar lebih rileks sehingga mampu menciptakan energi positif. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat depresi yang kita alami, sehingga kita akan selalu berfikir positif. Dengan terus berfikir positif, tentunya keinginan atau upaya untuk bunuh diri tidak akan pernah menghantui fikiran kita. Sehingga dengan begitu, resiko untuk bunuh diri dapat lebih diminimalisir lagi dengan hanya mengkonsumsi kopi.

7. Mencegah resiko Parkinson
Parkinson sendiri merupakan salah satu penyakit yang sampai dengan saat ini belum diketahui penyebab pastinya. Namun meski demikian, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menemukan upaya pencegahannya. Kandungan cafein yang terdapat pada kopi diketahui bersifat neuroprotektif yang diperpacaya mampu menjaga sel-sel dalam otak, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada otak kita. Dengan tetap terjaganya kesehatan otak kita, maka bukan tidak mungkin lagi resiko Parkinson dapat kita cegah dengan disarankan minum kopi. (pernyataan ini juga dibenarkan oleh salah satu Dokter dari Siloam Hospital’s)

8. Mengurangi resiko Diabetes
Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh para peneliti Harvard terhadap 100 ribu orang, dengan kurang lebih 20 tahun lamanya, dan dibagi menjadi beberapa sesi. Diketahui bahwa, dengan mengkonsumsi kopi lebih dari satu gelas dalam sehari, dapat mengurangi resiko terkena Diabetes tipe 2. Artinya hanya 11% resiko terjangkitnya. Sedangkan bagi mereka yang hanya mengkonsumsi kopi satu gelas dalam sehari, memiliki resiko terjangkit diabetes tipe 2, bisa mencapai 17%. Artinya, dengan mengkonsumsi kopi lebih dari satu gelas setiap harinya, mampu membantu kita terhindar dari serangan diabetes yang mematikan.

9. Membantu menumbuhkan stamina
Dengan mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar dapat membantu menambah energi kita. Hal ini juga diperkuta oleh penyataan salah satu pakar diet, yaiut Molly Kimball. Dimana ia menyatakan bahwakan kandungan cafein pada kopi, jika jika dikonsumsi secara wajar dapat membantu meningkatkan ketahanan fisik dan stamina kita. Dengan hanya mencium aromanya saja, kantuk kita bisa hilang. Apalagi kita mengkonsumsi kopi, tentu penyataan di atas bisa dibenarkan.

10. Menumbuhkan rasa bahagia
Selain coklat yang mampu mengubah mood kita, kopi pun juga demikian. Energi positif yang kita rasakan saat setelah mengkonsumsi kopi. Mampu mengubah mood kita secara drastis. Sehingga rasa bahagia akan kita rasakan setelah mengkonsumsi minuman yang satu ini. Jadi, bagi kita merasa kesulitan mendapatkan coklat untuk mengubah mood kita. Bisa deh dicoba dengan mengkonsumsi kopi, dan rasakan perubahannya.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kopi bagi kesehatan kita. Mungkin ada beberapa pendapat yang meragukan akan manfaat kopi untuk kesehatan manusia, dan hal tersebut masih menjadi kontroversi. Namun, dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan cafein yang ada pada kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Namun yang perlu kita catat bahwa apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan kita. Begitu dengan kopi, jadi minumlah sewajarnya. Semoga pembahasan di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, serta mampu menambah wawasan kita bersama, khususnya untuk dunia kopi.

0 komentar