4 Kegiatan Membawa Berkah di Bulan Ramadhan

Akar Info - 4 Kegiatan Membawa Berkah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan

merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Bulan ke-9 (sembilan), dari penanggalan Hijriyah ini merupakan bulan yang paling istimewa dari bulan-bulan lainnya. Sehingga mayoritas muslim menyebut bulan ramadhan sebagai bulan seribu bulan. Karena setiap amalan baik kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, dan insyaallah segala dosa kita akan terampuni di bulan yang penuh dengan berkah ini. 

Segala kegiatan yang kita lakukan dibulan Ramadhan, akan mendapatkan balasan berlipat dari Allah SWT. Baik itu kegiatan yang sifatnya positif atau negative. Dan balasan tersebut bersifat sama dengan kegiatan yang kita lakukan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meningkatkan atau memperbanyak kegiatan yang bersifat positif agar balasan yang akan kita terima berbentuk pahala dan pengampunan atas semua kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya. Adapun kegiatan positif yang bisa kita lakukan di saat bulan Ramadhan, diantaranya adalah: 

1. Bersedekah
Bersedekah merupakan kegiatan memberikan sesuatu yang tidak terbatas atas dasar keikhlasan, yang dilakukan oleh umat muslim kepada orang lain. Sedekah yang dimaksud bisa berupa materi atau non materi. Jadi bagi muslim yang tidak mampu untuk bersedekah materi, maka bisa melakukan sedekah non materi. Adapun sedekah non materi sangat banyak jenisnya, seperti bersedekah fisik atau jasa (membantu menyelesaikan pekerjaan orang lain tanpa harus meminta bayaran), sedekah senyum (upaya untuk membahagiakan orang lain), bekerja untuk anak dan istri, menjenguk orang sakit, dan masih banyak jenis sedekah lainnya. 

Dan bagi orang yang mampu bersedekah dengan materi, bisa dengan memberikan makan berbuka bagi orang-orang yang berpuasa. Karena dengan begitu pahala yang akan diterima sama dengan pahala orang yang berpuasa. 

2. Tadarrus atau membaca Al-qur’an
Al-qur’an sendiri akan menjadi penerang dan pemberi syafaat bagi umat muslim yang senantiasa membacanya. Seperti yang disebutkan oleh salah satu hadis Nabi, yang berbunyi “bacalah olehmu Al-qur’an, karena sesungguhnya Al-qur’an itu akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi pembacanya” (HR. Muslim). 

Jadi, merupakan suatu keberuntungan bagi kita jika kita selalu mengisi kekosongan waktu di bulan ramadhan ini dengan membaca Al-qur’an. Tentunya pahala membaca Al-qur’an akan dilipatkan gandakan oleh Allah SWT, dan akan selalu dinaungi oleh rahmat-Nya. 

3. Tarawih
Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang memang khusus dilakukan hanya saat bulan Ramadhan atau puasa saja. Mengenai rakaat shalat tarawih sendiri, umumnya adalah 23 rakaat. Keuatamaan shalat tarawih sendiri adalah, bagi ummat muslim yang melaksanakan shalat tarawih pada malam pertama puasa, maka keluarlah segala dosanya dan akan kembali bersih sebagaimana waktu dia dilahirkan dulu. Dan pada malam kedua puasa, akan diampuni pula dosa kedua orang tuanya. Jadi jelas sekali dimana dengan mengikuti kegiatan shalat tarawih, kita akan mendapatkan berkah dan ampunan yang melimpah dari Allah SWT. 

4. Shalat malam / shalat tahajjud
Shalat tahajjud merupakan shalat sunnah yang dilakukan di malam hari. Shalat tahajjud sendiri merupakan shalat sunnah malam yang dianjurkan untuk dilakukan. Karena dengan kita melakukan kegiatan shalat malam, maka pahala kita akan dihitung sebagaimana shalat semalam suntuk. Jadi, akan sangat beruntung sekali bagi umat muslim yang mampu menjalani kegiatan shalat malam atau shalat tahajjud di bulan Ramadhan yang penuh akan keberkahan ini. 

Demikianlah penjelasan mengenai kegiatan membawa berkah di bulan Ramadhan sebagaimana yang tertulis di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya ummat muslim yang pada saat ini mejalankan puasa. Artikel ini diharapkan mampu memompa iman kita, agar selalu semangat untuk berlomba-lomba dalam mencari pahala yang banyak di bulan Ramadhan, bulan yang penuh akan rahmat ini.

2 komentar

  1. Semoga keempat ibadah di atas bisa kita jalankan dengan mengharap Ridho dari NYA dan bisa makin mantap dan ikhlas dalam menjalankannya... Amin....

    ReplyDelete
  2. selain membawa berkah, keempat ibadah tersebut juga dapat membuat hati menjadi tentram jika dilakukan penuh keikhlasan dan mengharap ridho allah

    ReplyDelete