4 Tipe Pemimpin

Akar Info : 4 Tipe Pemimpin

Seorang pemimpin adalah sosok yang memiliki otoritas untuk mengarahkan orang lain yang notabene menjadi bawahannya. Arahan yang dimaksud disini adalah ke arah yang lebih baik dalam upaya pencapaian misi dan visi suatu usaha. Tentunya sosok pemimpin disini dituntut untuk dapat memberikan contoh dan arahan yang dimungkinkan bisa membangun kerjasama yang baik. Karena kemajuan suatu usaha, tergantung seperti apa pemimpinnya. Pemimpin yang baik, tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan suatu usaha. Begitu juga sebaliknya, pemimpin yang hanya bisa memerintah tanpa arahan yang tepat, hanya akan berdampak merugikan terhadap perkembangan usaha. 

Oleh karena itu, akan sangat penting bagi seorang pemimpin untuk dapat memahami seperti apa dan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bagus. Dan pada kesempatan kali ini, penulis akan membarikan penjelasan perihal 4 tipe pemimpin yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Adapun 4 tipe yang dimaksud adalah sebagai berikut: 

1. Tipe Motivator
Seorang pemimpin dituntut untuk dapat memberikan motivasi dalam upaya membangun semangat kerja bawahannya. Dan motivasi yang dimaksud disini bisa berupa description, atau pun contoh action. Dengan selalu memberikan motivasi kepada bawahannya, seorang pemimpin telah mampu membangun inisiatif bawahan untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki. 
Akar Info : 4 Tipe Pemimpin

Seorang bawahan yang memiliki motivasi tinggi, tentunya akan dapat bekerja dengan bagus dan selalu berusaha untuk menjadi lebih bagus lagi dari sebelumnya. Hal ini, tentunya akan berdampak positif bagi perkembangan usaha. Karena dengan begitu apa yang menjadi visi dan misi perusahaan akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan. 

2. Tipe Delegator & Controler
Pada saat bawahan memiliki motivasi dan tingkat kompetensinya terbilang tinggi. Disinilah seorang pemimpin dituntut menjadi seorang delegator dan controller. Seorang pemimpin yang mampu menjaga dan mengontrol kinerja bawahannya, tentunya akan menerima feed back positif terhadap tenggung jawabnya sebagai seorang pemimpin. Karena dengan menjadi delegator & controler, seorang pemimpin telah mampu menjaga motivasi bawahannya dan akan terus menemukan solusi dalam mambangun motivasi dan kompetensi setiap bawahannya. 
Akar info : 4 Tipe Pemimpin

3. Tipe Trainer
Jika seorang pemimpin selalu memberikan contoh yang bagus. Baik itu berupa action langsung atau dalam hal lainnya seperti materi-materi. Tentunya sosok pemimpin yang demikian akan mampu menbangun motivasi dan kompetensi karyawan yang rendah. Karena salah satu indikator rendahnya motivasi adalah kurangnya pemahaman terhadap fungsi tugas dan tanggung jawabnya. 

Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang pemimpin untuk selalu memberikan training baik materi atau pun contoh langsung kepada bawahannya, agar bawahan selalu memiliki motivasi dalam menyelesaikan setiap tugasnya. 

4. Tipe Tentor
Tidak jarang bagi seorang pemimpin yang mendapati bawahan yang memiliki motivasi tinggi namun kopentensi rendah. Dengan situasi seperti ini, seorang pemimpin harus dapat menjadi seorang tentor bagi bawahannya. Motivasi tinggi namun tidak dibarengi dengan penguasaan materi, tentunya akan berdapak negatif pada hasil kerja bawahannya. 

Seorang pemimpin harus bisa memberikan pemahaman materi dan membangun kepercayaan bawahannya. Karena jika hal ini tidak menjadi perhatian seorang pemimpin, maka motivasi yang tinggi itu pun lambat laun akan menurun dan produktivitas pun juga ikut menurun. 

Demikianlah penjelasan perihal 4 tipe pemimpin yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Agar upaya membangun visi dan misi suatu usaha, dapat tercapai dengan maksimal. Mudah-mudahan apa yang menjadi penjelasan di atas, dapat memberikan ilmu dan pemahaman kepada kita semua tentang apa dan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bagus untuk keberlangsungan suatu usaha.

0 komentar