Bisnis Rumahan yang Sehat dan Menguntungkan

Akar Info : Bisnis Rumahan yang Sehat dan Menguntungkan

Umumnya bagi sebagian orang tentunya menginginkan memiliki usaha sendiri, baik bagi mereka yang berstatus karyawan atau pun pengangguran. Keuntungan jika kita memiliki usaha sendiri, kita tidak akan terikat oleh waktu, aturan, dan juga atasan. Selain itu, kita juga akan merasakan siklus pendapatan yang berubah-ubah, kadang tinggi, kadang rendah dan moment itulah yang sangat menantang bagi wirausaha. Namun, tidak sedikit pula yang merasa kebingungan untuk memilih jenis usaha yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Selain karena ketidak sesuaian dengan bakat, kendala modal dan lahan juga menjadi hambatan utama dalam menjalankan usaha. 

Kebanyakan orang memilih atau menjalankan usaha sesuai dengan bakat dan minat, serta hobby mereka. Seperti contoh, bagi mereka yang memiliki bakat mekanik mesin (baik motor atau mobil), membuka bisnis atau usaha bengkel. Dan bagi mereka yang hobby memancing, mereka membuka toko jenis alat-alat pancing. Dan masih banyak jenis usaha lainnya yang dimulai dari kesenangan dan bakat, dan tentunya dengan modal yang tidak sedikit. Namun ada juga usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang sedikit dan bisa dijalankan di rumah, serta sehat dan menguntungkan. Dan Bisnis rumahan yang sehat dan menguntungkan yang akan kita bahas disini adalah bisnis juice. 

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai juice sebagai bisnis rumahan yang sehat dan menguntungkan. Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu Apa dan bagaimana juice itu sendiri. Juice merupakan minuman yang diambil dari sebuah, bisa mangga, blimbing, sirsat, apel, durian, nangka, dan masih banyak buah lainnya. Untuk menghasilkan sari buah yang kita inginkan, kita cukup siapkan buah, mesin blender, sedikit gula, ice batu, dan tambahan susu coklat kental jika kita menginginkannya. Selain buah-buahan yang diambil sarinya. Kita juga bisa ngemix atau mencampur buah-buahan dengan sayuran, tentu manfaat yang akan kita rasakan berkali-kali lipat untuk kesehatan kita. 

Iklim Indonesia yang tropis, sangat menguntungkan sekali bagi kita untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Karena akan memungkinkan banyak orang untuk mencari minuman yang segar sekaligus menyehatkan. Selain itu, saat ini semua orang sudah banyak mengetahui manfaat dari buah-buahan dan sayuran untuk tubuh manusia. Hal itu bisa menjadi rujukan bagi mereka dalam memilih minuman yang menyehatkan. Dengan begitu peluang usaha yang satu ini sangatlah besar untuk kita jalankan. 

Kalkulasi keuntungan usaha Juice
Akar Info : Bisnis Rumahan yang Sehat dan Menguntungkan


Dalam menjalankan usaha apapun tentunya kita harus terlebih dahulu mengetahui dan paham hitung-hitungannya. Jangan sampai menjalankan usaha yang tidak kita ketahui pendapatan serta pengeluarannya. Karena bukannya untung, malah bisa buntung jika kita paksakan. Di bawah ini sedikit contoh hitung-hitungan pengeluaran dan pendapatan usaha juice sebagai bisnis rumahan yang sehat dan menguntungkan. 


1. Modal Awal
  - Mesin Blender   = Rp. 300.000,-
  - Mesin Pres         = Rp. 700.000,-

Total = Rp. 1.000.000,-

2. Biaya Operasional
  - Buah-buhan                   = Rp. 3.000.000,- (100rb/hari)
  - Cup plastic, dll               = Rp. 500.000,-
  - Gula, susu, dan es batu  = Rp. 1.500.000,- (50rb/hari)
  - Listrik, dll                      = Rp. 250.000,-
  - Biaya tak terduga          = Rp. 300.000,-

Total biaya= Rp. 5.550.000,- + Rp. 1.000.000,- = Rp. 6.550.000,-

3. Pendapatan
  - Pendapatan perhar           = 50 cup x 8.000 = Rp. 400.000,- 
  - Pendapatan perbulan       = Rp. 400.000,- x 30 = Rp. 12.000.000,- 
  - Pendapatan bersih           = Rp. 12.000.000, - Rp. 6.550.000, = Rp. 5.450.000 

Dari contoh hitungan di atas jelas sekali, dimana usaha ini akan sangat menguntungkan untuk dijalankan. Namun seperti yang kita sebutkan di atas. Pendapatan dari usaha yang kita jalankan tentunya bersifat fluktuatif. Kadang tinggi, juga bisa rendah. Tergantung bagaimana cara kita memasarkan produk yang kita miliki. Jadi akan perlu sekali bagi kita untuk terus berenovasi agar usaha yang kita jalankan terus berjalan dan tidak sampai gulung tikar. 

Demikian penjelasan mengenai bisnis sehat yang menguntungkan. Semoga apa yang menjadi pembahasan kali bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Dan kami juga berharap penjelasan pada artikel ini bersifat informatif dan menambah wawasan kita dalam membangun usaha yang akan dan sedang rintis.

0 komentar