Bulan Ramadhan dan Keunikannya

Akar Info - Bulan Ramadhan dan Keunikannya

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh akan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Dan bulan seribu bulan ini merupakan bulan yang sering ditunggu-tunggu oleh ummat muslim di dunia. Mengingat di bulan ini, semua amal kebaikan yang dilakukan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, seperti shalat, membaca Al-qur’an, bersedekah, dan amalan baik lainnya. Namun dari itu semua, terdapat beberapa keunikan yang sering muncul disaat bulan Ramadhan tiba [baca juga : 4 Kegiatan Membawa Berkah di Bulan Ramadhan]. Dan beberapa keunikan tersebut justru selalu ada setiap tahunnya, disaat bulan Ramadhan. Serta tidak jarang keunikan yang dimaksud mengundang tawa orang yang melihatnya. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keunikan yang tersebut di atas. 

Keunikan-keunikan yang muncul di bulan Ramadhan tidak terlepas dari perilaku manusia itu sendiri. Dimana keunikan yang dimaksud merupakan hasil kreativitas, keisengan, dan ketidak siapan dalam menjalankan ibadah puasa, seperti di bawah ini: 

1. Meme makanan dan minuman


Terkadang kreativitas manusia bisa terbangun justru pada saat berada dalam posisi terdesak. Seperti contoh missal, pada siang hari di bulan puasa, rasa dahaga dan lapar sering menghatui fikiran kita. Nah, pada saat itu kreativitas dari imajinasi mulai terbangun seperti contoh gambar meme di bawah ini. 
Akar Info - Bulan Ramadhan dan Keunikannya
Akar Info - Bulan Ramadhan dan KeunikannyaAkar Info - Bulan Ramadhan dan Keunikannya
Dari gambar tersebut jelas memproyeksikan diri mereka pada saat siang hari di bulan puasa. Rasa dahaga dan lapar yang mendera, mampu mengubah benda apa saja terlihat seperti makanan yang nikmat untuk disantap. 

2. Warung-warung menutup “aurat”


Jika keluar disiang hari pada waktu bulan puasa. Kita akan banyak menemukan warteg atau warung-warung yang terlihat tidak mau kalah dengan Muslimah yang pada menutup rapat auratnya. Karena di bulan puasa semua warung yang buka di siang hari akan menutup “aurat” mereka dengan korden, seperti pada meme di bawah ini. 
Akar Info - Bulan Ramadhan dan Keunikannya

3. Manusia terlihat “sakti”


Disiang hari jika kita melihat warung yang menutup “aurat”, maka akan Nampak pula manusia-manusia yang memiliki kesaktian tanpa tanding. Kenapa tidak, karena saat kita melihat kewarung yang tetutup korden, kita akan melihat kaki-kaki manusia namun tidak nampak badannya. Namun biasanya kesaktian manusia-manusia hanya muncul saat bulan Ramadhan tiba saja. Selepas itu, mereka akan kembali normal seperti manusia biasa lainnya. 

4. Munculnya pedagang musiman


Di bulan Ramadhan, khususnya di sore hari. Kita akan nampak pedagang musiman disepanjang jalan di daerah tempat tinggal kita. Banyak jenis makanan yang dijual oleh pedagang musiman tersebut. Mulai dari takjil, minuman, dan lauk pauk yang dapat menggugah selera kita semua. Para pedagang musiman ini cukup membantu sekali, khususnya bagi para ibu-ibu yang males atau tidak sempat untuk memasak. 

5. Kegiatan Patrol atau membangunkan orang


Patrol merupakan salah satu upaya untuk membantu ummat muslim lainnya agar bersegera melakukan sahur. Biasanya patrol ini dimulai dari 02:30 sampai dengan 03:30, dini hari. Alat yang digunakan untuk patrol sendiri bermacama-macam. Ada yang menggunakan alat dari bamboo yang dikenal dengan nama “kentongan”, ada juga yang menggunakan drigen, dan alat lainnya. Kegiatan patrol ini biasanya dilakukan oleh anak-anak dari usia 6 tahun sampai dengan usia 15 tahun. Tapi ada juga dibeberapa daerah yang melakukan patrol tersebut adalah orang-orang tua atau bapak-bapak. 

6. Bukber

Bukber atau buka bersama merupakan salah satu dari sekian keunikan bulan Ramadhan. Bukber menjadi keunikan bulan Ramadhan dikarenakan kegiatan ini hanya ada saat bulan puasa tiba saja. Bukber ini biasanya dilakukan oleh sekolompok orang, seperti bukber dengan teman sekantor, bukber keluarga besar, dan bukber teman sekolah. Bukber biasanya mulai dilakukan oleh orang-orang pada hari ke-3 dari bulan puasa. 

Demikianlah penjelasan mengenai bulan Ramadhan dan keunikannya. Jadi jelas sekali bahwa bulan ini merupakan bulan yang teramat dirindukan sekali oleh ummat muslim di dunia. Bukan hanya karena bulan ini berlimpah berkah, melainkan juga karena keunikannya yang selalu dirindukan oleh khalayak umum. Semoga, apa yang menjadi penjelas pada artikel ini, dapat memberikan mafaat bagi kita semua, dan akan terus menyambut bulan seribu bulan ini dengan bahagia.

0 komentar