Manfaat Menjadi Peserta BPJS

Akar Info - Manfaat Menjadi Peserta BPJS

Saat ini sudah banyak asuransi swasta yang menawarkan perlindungan hidup. Baik itu perlindungan kesehatan, pendidikan, property, dll. Asuransi sendiri merupakan system perlindungan atau jaminan yang berbadan hukum yang manfaatnya bisa kita rasakan sesuai dengan premi dan plafon yang sudah kita sepakati sebelumnya. Perkembangan asuransi selalu berkembang mengikuti kemajuan zaman. Dimana hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya badan asuransi swasta yang berbadan hukum bermunculan. Namun sayangnya, kemunculan asuransi swasta ini tidak ditopang dengan system informasi yang menyuluruh. Artinya tidak banyak orang yang mengetahui apa dan bagaimana asuransi itu sendiri, khususnya bagi mereka yang notabene memiliki perekonomian menengah ke bawah. Untuk menyikapi hal tersebut. Pemerintah menyusun program kesehatan untuk semua lapisan masyarakat, baik dari yang perekonomian terbilang rendah sampai pada yang tinggi.

Program yang dimaksud disini adalah BPJS Kesehatan atau biasa kita kenal dengan nama BPJS atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program perlindungan kesehatan ini diupayakan mampu memberikan perlindungan kesehatan kepada semua lapisan masyarakat. Sehingga manfaat dari program ini tidak hanya bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki perekonomian yang terbilang stabil atau tinggi saja. Melainkan juga bisa dirasakan oleh mereka yang hanya bekerja sebagai tukang becak, kuli bangunan, dll. Namun sebelum kita membahas tentang manfaat menjadi peserta BPJS. Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa dan bagaimana program BPJS ini.

BPJS merupakan salah satu badan kesehatan yang berbadan hukum milik Negara yang dikhususkan untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi segenap warga masyarakat di seluruh Indonesia. Baik untuk kalangan menengah ke bawah, pun untuk kalangan menengah ke atas. BPJS sendiri dibagi menjadi 2 (dua), yaitu BPJS Kesehatan atau yang biasa kita kenal dengan Jaminan Kesehatan Nasional (KIS), dan BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Kedua fungsi tersebut masing-masing memiliki manfaat yang bisa kita rasakan selama menjadi peserta aktif BPJS. Namun untuk kali ini kita akan bahas mengenai manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan terlebih dahulu.

Manfaat yang bisa kita rasakan selama menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah kemudahan proses pemeriksaan kesehatan yang kita jalani disaat keluarga atau kita sendiri dalam kondisi sakit. Kemudahan proses yang dimaksud disini adalah pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan tidak lagi dipungut biaya atau gratis. Cukup dengan menyerahkan foto copy kartu BPJS atau KIS yang masih berlaku, kita sudah bisa langsung menikmati manfaatnya. Selain pemeriksaan kesehatan, kemudahan yang kita rasakan juga pada saat kelahiran anak. Mungkin sebagian dari kita banyak yang sudah tahu bahwa biaya operasi cukup banyak menguras isi dompet kita. Namun jika kita sudah aktif menjadi peserta BPJS, kehawatiran akan isi dompet bakal terkuras tidak akan kita rasakan lagi. Mengingat untuk proses kelahiran anak telah tercover oleh Jaminan Kesehatan Nasional (KIS).

Akar Info - Manfaat Menjadi Peserta BPJS

Selain kemudahan yang tersebut di atas. BPJS juga menggunakan system koneksi atau link, yang memudahkan peserta BPJS untuk menggunakan ragam manfaat dari Jaminan Kesehatan Nasional itu sendiri. Pemberlakuan system koneksi ini tujuannya tidak adalah untuk mempermudah kita melakukan pemeriksaan kesehatan meski berada di luar kota atau pulau. Jadi kita tidak lagi hawatir akan ditolak disaat kita mengalami kecelakaan di luar kota dan diharuskan untuk di bawa ke rumah sakit yang sudah menjadi rekanan BPJS.

Demikianlah informasi perihal manfaat menjadi peserta BPJS, khususnya BPJS Kesehatan. Semoga pembahasan pada tulisan ini dapat memberikan informasi yang cukup menambah pengetahuin kita bersama dan menumbuhkan kesadaran kita bahwa penting adanya untuk memberikan perlindungan jiwa untuk kehidupan yang kita jalani saat ini.

0 komentar