Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Akar Info - Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal temulawak, jenis tanaman temu-temuan yang banyak tumbuh di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Temulawak sendiri merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang luar biasa sekali. Banyak manfaat yang tekandung dalam tanaman yang satu ini. Makanya tidak jarang temulawak dijadikan sebagai salah satu jenis tanaman yang wajib untuk dijandikan obat herbal atau jamu tradisional yang masih ada sampai dengan saat ini.

Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, mengingat selain manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan, juga bisa dijadikan sebagai salah satu ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Sudah banyak usaha-usaha kecil atau besar dengan berbahan baku temulawak, yang bisa kita lihat. Baik di supermarket atau di pasar tradisional banyak dijajakan berbagai jenis olahan dari tanaman yang satu ini, seperti dalam bentuk ekstrak atau pun dalam bentuk cair dengan berbagai merk. Baik merk ternama atau pun merk home industri.

Temu lawak sendiri memiliki nama ilmiah curcuma zanthorrhiza. Di dalam temulawak terdapat beberapa kandungan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Dimana kandungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Phelandren
Phelandren sendiri merupakan zat yang dipercaya mampu mengeluarkan atau membuang racun dalam tubuh melalu air kencing. Jadi semua toksin yang bersarang di dalam tubuh manusia akan dikeluarkan melalui kencing. Sehingga tidak jarang setelah mengkonsumsi temulawak secara rutin, kita akan merasa ingin kencing terus.

2. Turmerol & Borneol
Kedua kandungan temulawak yang berikut ini dipercaya mampu memulihkan metabolisme tubuh secara cepat. Jadi tidak heran jika orang yang sakit atau baru sembuh dari sakitnya, disarankan untuk mengkonsumsi temulawak secara rutin. Karena dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin, metabolisme tubuh kita akan kuat seperti sebelumnya.

3. Kurkumin
Adalah kandungan temulawak yang mungkin sudah banyak orang tahu. Dimana kandungan yang satu ini dipercaya mampu memperbaiki gangguan pencernaan dan mampu menambah nafsu makan secara drastis. Maka tidak heran jika orang yang mengalami gangguan pencernaan banyak disarankan untuk mengkonsumsi temu lawak secara rutin. Selain itu, kurkumin juga cocok untuk dikonsumsi selama program penggemukkan badan.

4. Antioksidan
Temulawak juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan merupakan zat yang dipercaya mampu menghambat munculnya sel kanker payudara, penyakit jantung, dan alzaimer atau pikun.

Selain dari keempat kandungan di atas. Masih banyak lagi kandungan temulawak yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, seperti minyak asiri yang dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal, pati, protin, dan masih banyak kandungan lainnya yang dapat kita rasakan manfaatnya. Jadi tidak heran rasanya kenapa temulawak ini masih dijadikan sebagai pilihan obat tradisional setelah semakin maraknya obat-obat kimia di pasaran. Karena kandungan yang bersifat herbal tidak banyak memiliki resiko efek samping yang tinggi jika dikonsumsi. Dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang banyak dipasaran, temulawak lebih aman meski harus dikonsumsi setiap hari dengan kadar konsumsi yang wajar.

Namun perlu kita ketahui juga bahwa hal apapun baik perbuatan, makanan, dan minuman jika dilakukan dan dikonsumsi secara berlebihan juga akan berdampak kurang baik bagi kesehatan kita. Jadi, tetap utamakan untuk mengkonsumsi temulawak sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Demikianlah informasi perihal manfaat temulawak untuk kesehatan. Semoga informasi yang terkandung dalam tulisan artikel ini, dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

0 komentar