Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Cepat

Akar Info - Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Cepat

Di bulan Agustus seperti sekarang ini, cuaca di Indonesia mengalami perubahan yang sangat drastis. Dimana suhu udara menjadi sangat dingin yang disertai dengan angin kencang, khususnya di malam hari. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu sekali terhadap kesehatan kita semua. Apalagi bagi kita yang memiliki alergi terhadap cuaca yang dingin, tentu akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kita. Seperti akan mudah sekali terserang masuk angin, flu, batuk, radang tenggorokan, dan sinusitis.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap selalu terjaga terhadap segala serangan penyakit yang mungkin timbul di musim dingin seperti saat ini. Dalam upaya menjaga daya tahan tubuh. Pola makan dan hidup kita harus sering dijaga, karena dengan menjaga pola makan dan hidup, tentunya tubuh kita tidak akan rentan diserang oleh penyakit. Terdapat beberapa makanan yang diklaim mampu menjaga atau pun meningkatkan daya tubuh kita, khususnya pada saat terjadi cuaca ekstrim seperti saat ini. Adapun makanan yang dimaksud adalah seperti yang tertulis di bawah ini: 

Sup ayam hangat 

Bagi sebagian orang, sup ayam menjadi salah satu menu pilihan untuk meredakan gejala flu yang dialami. Kaldu hangat yang terkandung pada sup ayam diyakini mampu untuk mencairkan lendir yang membandel di hidung dan mampu melegakan tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan sup ayam yang hangat akan mampu menghangatkan badan kita, sehingga lendir di hidung akang mencair dengan sendirinya. Selain itu, dari hasil penelitian yang pernah di lakukan. Sup ayam hangat diyakini mampu menekan laju sel darah putih penyebab flu yang kita alami. 

Sup ayam hangat juga bisa jadi alternatif pengganti air untuk menghindari dehidrasi saat flu. Karena biasanya, disaat kita mengalami flu, rasa pahit pada lidah akan mempersulit kita untuk mengkonsumsi air putih. Sehingga solusi terbaiknya adalah mengkonsumsi sup ayam hangat yang sehat dan bergizi. 

Lemon 

Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon diklaim mampu memenuhi setengah dari kebutuhan tubuh kita. Selain itu, pada buah lemon terdapat senyawa bio-flavonoid yang dipercaya mampu menghambat radikal bebas yang masuk pada tubuh kita. Buah lemon segar juga memiliki kandungan antibodi yang cukup tinggi. Dengan begitu daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga dengan selalu mengkonsumsi lemon. Adapun penyajiannya, sebaiknya dicampur dengan air hangat. Karena selain mampu menghangatkan tubuh, juga dapat melegakan tenggorokan kita. 

Jahe 

Jahe merupakan tamanan yang tegolong dalam tanaman temu-temuan, memiliki rasa yang lumayan pedas namun menghangatkan. Jahe sendiri meiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan bersifat anti peradangan. Selain itu, di dalam jahe juga terdapat kandungan beta karoten sebagai penunjang daya tahan tubuh manusia, sehingga tidak akan mudah terjangkit oleh penyakit yang mungkin akan menyerang tubuh. Adapun penyajiannya bisa langsung di seduh dengan air hangat atau juga bisa dicampurkan dengan teh. Dan usahakan untuk diminum selagi hangat agar badan bisa dengan cepat merasakan hangatnya dan tenggorokan bisa dengan cepat merasakan lega. 

Bawang putih 

Bawang putih merupakan jenis tanaman dengan nama latinnya genus allium yang sudah diambil manfaatnya sebagai tambahan rempah untuk masakan dan sebagai bahan dasar obat. Dari hasil beberapa penilitian yang pernah dilakukan. Bawang putih diketahui mampu peradangan akibat infeksi. Selain itu, bawang putih juga dipercaya ampuh dalam menyembuhkan gejala masuk angin dengan hanya mengunyahnya saja. Di dalam 100 gram bawang putih terkandung beberapa zat gizi yang diantaranya seperti Vitamin C, Sodium, Kalium, Fosfor, Zat besi, Magnesium, dan zat gizi lainnya. 

Adapun untuk penyajiannya, bawang putih bisa dicampurkan sabagi bumbu makanan, atau diblander dicampur dengan madu. Mengingat baunya yang tidak semua orang suka, akan menyulitkan jika harus dikonsumsi atau dikunyah secara langsung. 

Demikianlah beberapa informasi perihal beberapa makanan yang yakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita, khusus pada waktu cuaca ekstrim seperti sekarang ini. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua, agar kita sama-sama terhindar dari macam penyakit yang mungkin gampang sekali masuk ke dalam tubuh kita.

0 komentar